loader

DPPA OKU Timur dan TP PKK Gelar Latihan Kain Jumputan

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU  Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA)  bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK menyelenggarakan Pelatihan Kain jumputan.

Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat TP PKK di Martapura, Jumat (10/11/2023) dengan mengusung tema, "Dengan Jumputan Mari Lestarikan Wastra". Kegiatan dibuka Ketua TP PKK OKU Timur dr, Sheila Noberta, SpA, MKes.

Tidak hanya membuka kegiatan, dr. Sheila juga mengikuti pelatihan kain jumputan. Tampak dr Sheila bersama dengan peserta lainnya dengan seksama memperhatikan apa yang disampaikan oleh tutor.

Ketua TP PKK OKU Timur,  dr, Sheila Noberta, SpA, MKes, mengatakan rasa bangganya karena Pemkab OKU Timur senantiasa menunjukkan eksistensinya dalam mengajak masyarakat untuk mewujudkan kesetaraan gender bidang ekonomi melalui pelestarian dan pengembangan seni budaya jumputan dengan pewarnaan alami di Bumi Sebiduk Sehaluan.

"Pelatihan ini juga bertujuan untuk bisa memiliki  keterampilan-keterampilan dan hari ini kita memilih pelatihan kain jumputan untuk melestarikan wastra Indonesia," terangnya.

Kain jumputan salah satu kain yang sudah hampir dikenal oleh seluruh kalangan dan untuk membuatnya tidak serumit  membatik. "Kain jumputan sebenarnya tidak terlalu sulit membatik. Nanti kita terapkan di rumah, bisa dipakai maupun dijual untuk membantu perekonomian keluarga kita," ungkapnya.

Dia berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik, nanti jika sudah mahir  bisa naik kelas membuat suatu karya lainnya.

"Manfaatkanlah dengan baik pelatihan ini selagi ada tutornya, sehingga kita bisa membawa keterampilan yang baru ketika pulang nanti dan semoga bisa meningkatkan pendapatan keluarga," katanya.

Sementara Plt  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Inoverwanti Intan, S.E., MM, menyebutkan pelatihan ini diikuti 60 peserta yang berasal dari masyarakat umum, TP PKK dan Dasawisma.

"Adapun tutor dari pelatihan kain jumputan ini Anggi Fitrilia Putri Pratama yang dihadirkan langsung dari Kota Palembang," kata mantan Camat Bunga Mayang ini.

Share

Ads