loader

Penanggulangan Karhutla, Airlangga: Semua Harus Cari Solusi Permanen

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Apel dan Simulasi Karhutla Sumsel 2024 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto turun langsung memimpin apel dan menyampaikan 9 poin dalam Rakornas Pengendalian karhutla: 

  1. Upaya pencegahan perlu diprioritaskan dan jangan terlambat.
  2. Manajemen lapangan harus terkonsoldisasikan dan terorganisasi. Artinya kalau di desa ada api kecil harus segera memberitahukan agar ditangani lebih awal.
  3. Semua unsur harus bergerak melakukan deteksi dini terutama di titik-titik hotspot.
  4. Jajaran di bawah selalu memperbarui informasi tentu menggunakan teknologi informasi untuk dapat digunakan cepat pada saat ini.
  5. Pemanfaatan teknologi dengan AI dan penerapan business continuity development system agar pemulihan bisa cepat untuk.pelayanan publik.
  6. Unsur pemerintahan serta TNI dan Polri di bawah yaitu Babinsa Babinkamtibmas dan kepala desa juga dilibatkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.
  7. Upaya pemberian edukasi agar terus dilanjutkan.
  8. Semua pihak mencari solusi permanen.
  9. Penataan ekosistem gambut termasuk tata air dan kanal blocking serta langkah penegakan hukum harus dilakukan tanpa kompromi.

"Saya harap apel ini bukan hanya show of force tapii betul-betul menunjukkan kesiapan dari seluruh unsur kemampuan yang ada di Sumsel," ujar Airlangga dalam apel di Griya Agung Palembang Sabtu (20/7/2024).

Usai apel Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Pj Gubernur Elen Setiadi menyaksikan simulasi pengendalian Karhutla.

Share

Ads