loader

Ekonomi Sumsel Tumbuh, Tapi Kemiskinan Masih Jadi Pekerjaan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Namun demikian, masih ada pekerjaan besar yang saat ini juga menjadi prioritas utama pemerintah Provinsi yaitu penurunan kemiskinan.

"Perkonomian Sumsel tumbuh dengan baik, terbukti di triwulan tiga ekonomi Sumsel tumbuh di angka 5,67 persen yang artinya di atas nasional yg tumbuh 5,02 persen. Kemudian inflasi juga rendah dan stabil yg secara tahunan sebesar 2,06 persen. Meski perekenomian kita terjaga, yang menjadi catatan adalah prioritas untuk menurunkan kemiskinan, agar pertumbuhan lebih berkualitas," ujarnya.

Sementara pertumbuhan ekonomi di daerah,  akan terbantu juga melalui KUR yang dikucurkan perbankan. Hanya saja, penyalurannya tetap harus memperhatikan prinsip-prinsip kehati-hatian dan juga regulasi antara lain ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sumsel masih ada ruang dalam penambahan jumlah (ekspansi) kredit untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kredit untuk UMKM misalnya, berpotensi mengurangi angka kemiskinan melalui kewirausahaan, terutama untuk level mikro," sambung dia.

Data OJK menunjukkan selama ini Sumsel lebih banyak membidik ekonomi di sektor industri karet, kelapa sawit, dan batubara. Padahal penyaluran kredit juga berpeluang besar dalam memberikan kontribusi ekonomi daerah.

Ia melanjutkan, pada pertengahan semester 2019 saja, penyaluran kredit dari kelompok kredit rumah tangga tembus hingga 60 persen. Dengan pergerakan kredit rumah tangga tumbuh di angka 4,27 persen dibandingkan kredit korporasi yang tumbuh sebesar 4,21 persen.

"Itulah mengapa penyaluran dana melalui KUR ke daerah penting untuk terus disosialisasikan, dan sekarang para pemangku kepentingan sudah melakukan hal tersebut. Hal ini penting, sebab usaha rumah tangga memiliki potensi untuk peningkatan ekonomi. Tetapi, penyaluran kredit juga perlu memperhatikan kelancaran pembayaran kreditnya," ujar Hari.

Terakhir Hari menambahkan, agar perekonomian daerah tetap stabil dan tumbuh berkelanjutan, hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terutama di kawasan pedesaan. Salah satu contohnya adalah keberadaan KUR yang dapat mendorong tumbuhnya usaha di kalangan masyarakat.

"Melalui pemberdayaan UKM akan membantu peningkatan ekonomi rakyat yang pada akhirnya dapat mendukung upaya pengentasan kemiskinan yang menjadi salah satu program prioritas Pemprov Sumsel," pungkasnya.

Share

Ads