loader

Herman Deru: Cegah Stunting Sejak Dini dengan Kehamilan Terencana

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Penyuluh kesehatan dan seluruh mitra hingga lembaga terkait dapat  mempertajam kerja agar para calon ibu  memahami pentingnya pencegaan kasus stunting pada anak sejak dari dalam kandungan.

"Seorang calon ibu harus mempunyai kesadaran akan  asupan gizi bagi  janin dalam kandungan. Karena itu dalam  rapat ini para penyuluh harus menajamkan  kesadaran yang dibangun termasuk kader Posyandu memberikan literasi dan pemahanan bagi para calon ibu,”  ungkap Gubernur Sumsel H  Herman Deru saat   membuka Rapat Telaah Program Bangsa Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Sumsel tahun 2022 di Palembang, Rabu (2/11).

Lebih lanjut Herman Deru menegaskan, Pemprov Sumsel  terus berupaya secara maksimal mencapai  target nasional dalam penurunan stunting  yakni turun 14 persen. Dia optimis target tersebut akan dicapai Sumsel karena daerah ini  memiliki banyak sumber asupan makanan yang memehuni kebutuhan tubuh melalui  kemandirian pangan.

"Kita ini sebagai daerah  mandiri  pangan jangan sampai angka stunting  tetap tinggi. Kita harus tahu penyebabnya  diantisipasi sejak dari diri mulai dari  saat masih janin dalam kandungan. Kita harus terus berkolaborasi terkait persoalan stunting ini," ungkapnya.

Dia juga menilai, stunting dapat dicegah sejak dini dengan kehamilan yang terencana.

"Dari kehamilan yang terencana dan terjaga maka stunting bisa dicegah, dengan memperhatikan gizi makanan sang ibu dan janin yang dikandung," ujarnya.

Sebagai kepala daerah dirinya memberikan  atensi khusus  kepada seluruh kepala daerah (Bupati/Wako) Sumsel untuk seriusi dalam  penanganan stunting di daerahnya masing-masing.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler