loader

Perbaiki Tata Kelola Lahan untuk Kehidupan, Pemprov Sumsel Gandeng ICRAF Memulai Proyek Land4Lives 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan World Agroforestry (ICRAF) Indonesia menyelenggarakan lokakarya dan diskusi terpumpun untuk menandai dimulainya Proyek Sustainable Landscapes for ClimateResilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives).

Land4Lives adalah proyek kerja sama Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, dan didanai oleh Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC), yang bertujuan untuk memperbaiki tata kelola bentang lahan dan memperkuat penghidupan berketahanan iklim khususnya untuk masyarakat rentan dan perempuan dan anak-anak perempuan di Indonesia.

Di Sumatera Selatan, Land4Lives akan bekerja di dua wilayah fokus, yakni di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KHG) Lalan Mendis dan Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) Saleh-Sugihan. Fokus kegiatan di kedua wilayah adalah untuk mitigasi perubahan iklim.

 Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dr. Rosidin Hasan, M.Pdi, mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik inisiatif melalui Proyek Land4Lives ini dan mengucapkan apresiasi kepada GAC dan ICRAF.

Dijelaskannya, bahwa Sumatera Selatan telah mengukuhkan komitmen untuk menurunkan emisi dari sektor berbasis lahan melalui program-program pertanian, pengelolaan dan pencegahan hutan, kampung iklim serta pengelolaan Daerah Aliran Sungai dalam RPJMD 2019-2023.

“Kegiatan dalam Land4Lives selaras dengan upaya-upaya yang tengah dan akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi seperti yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2019-2023. Harapan kami kegiatan ini akan mempercepat upaya pemerintah daerah untuk mencapai target pembangunan yang sudah kami tetapkan,” ujarnya.

Share

Ads