loader

Puluhan Hektare Lahan di Pampangan OKI Terbakar, Warga Siaga di Kebun Masing-masing

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Kebakaran lahan atau biasa disebut karhutla (kebakaran hutan dan lahan) terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel. Puluhan hektare lahan lebak di Desa Pampangan, terbakar hebat Jumat malam (4/8/2023).

Kebakaran lahan di OKI sudah beberapa kali terjadi. Sebelumnya menghanguskan lahan di Selapan Ulu, Kecamatan Tulung Selapan. 

Kali ini kebakaran hebat di Lebak Desa Pampangan, Kecamatan Pampangan ini lokasinya tidak jauh dengan lahan perkebunan milik warga. Kobaran api terekam kamera dan videonya viral di media sosial.

Dalam siaran langsung video kebakaran lahan yang ditayangkan oleh akun ogankomeringilir.info, memperlihatkan kobaran api sangat jelas tampak di malam hari.terdengar suara sekelompok warga meminta bantuan kepada aparat terkait, agar segera datang ke lokasi memadamkan api.

Cuaca panas saat itu disertai angin kencang membuat api dengan cepat meluas.

“Nyate na bedelek…inila terjadi kebakaran di lebak pampangan mengarah ke serdang srimulya, tolong pihak helikopter dari Kota Pelembang padamkan," teriak warga dalam tayangan video yang diunggah di media seosial tersebut.

Selain dari itu, ada juga warga lainnya mengatakan,  “Ya walaupun malam malam, nantinya pacak merambat ke lahan kebun kami, habis nantinya kebun kami, sudah menghabiskan Rp.50 juta, kami saat ini menjaga kebun kebun kami,” ujarnya seraya menambahkan, luas lahan kebakaran ini terjadi lebih sekitar 30 kilometer.

Sementara itu Camat Pampangan, Edy membenarkan adanya peristiwa kebakaran lahan di wilayahnya yang terjadi pada Jumat Malam (4/8/2023). 

"Ya kebakaran lahan terjadi pada malam hari, pada Sabtu (5/82023) api berhasil dipadamkan dengan menggunakan bantuan helikopter dan mudah mudan tidak terbakar lagi,” ujar camat via hanphone.

Share

Ads