loader

Palembang Disiram Hujan di Tengah Kemarau, Warga Harap Hilangkan Asap Karhutla

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Setelah satu bulan lebih Kota Palembang Sumatera Selatan tidak ada hujan, pada Senin siang (18/9/23) turun hujan. Diharapkan hujan sekitar 10 menit ini dapat mengurangi asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Pantauan di wilayah Polda Sumsel kurang lebih 10 menit hujan membasahi Kota Pempek. Masyarakat sangat berharap dengan turunnya hujan ini dapat menghilangkan asap yang muncul akibat karhutla. 

"Semoga hujan yang turun ini bisa menghilangkan asap yang ditimbulkan akibat karhutla di Sumsel," ujar warga Andika, Senin (18/9/2023). 

Saat hujan turun, terlihat juga dua anak kecil sedang menadah air menggunakan botol. Senyum dan tawa terlihat dari muka mereka. 

Sebelumnya diberitakan, 300 personel dilepas Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol A Rachmad Wibowo, ke 36 desa dengan tugas utama terkait pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Tidak hanya itu, namun personel yang berangkat untuk mensosialisasikan pencegahan karhutla di Sumsel ini, akan tinggal dan menetap mulai 13 September - 13 Oktober 2023.

Setelain tugas utama terkait Karhutla, para personel juga diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat secara persuasif untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. "Kita ketahui membakar lahan itu sangat bahaya bagi lingkungan," ujar Irjen Pol A Rachmad Wibowo. 

Kata Irjen Pol A Rachmad bahwa, hal ini dilakukan karena karhutla di Sumsel semakin hari kian mengkhawatirkan. "Tim Stop Karhutla tentunya sudah dilatih dan terlatih untuk bertugas," katanya. 

Tidak hanya bertugas, ia mengatakan perlu adanya keikhlasan untuk melindungi sesama yakni misi kemanusiaan, dan misi penyelamatan lingkungan hidup. "Kita sama sama bertekad agar udara Sumsel lebih jernih sejuk dan segar," ungkapnya. 

Ia menambahkan, pihaknya juga menyalurkan bantuan sembako kurang lebih 20 ton beras kepada masyarakat. "Kita salurkan bantuan beras kepada masyarakat yang membutuhkan," tambahnya. 

Terkait hal tersebut, kata Irjen Pol A Rachmad pihaknya mengetuk kepedulian semua pihak termasuk para pengusaha. "Kami sengaja undang agar dapat membantu sehingga operasi ini dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan," jelasnya. 

 

Share

Ads