loader

Pemprov Sumsel Terima Penghargaan Proklim 2023, Kelurahan Talang Bubuk Proklim Lestari

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Pemprov Sumsel menerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan diserahkan Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Gedung Mandala Wanabakti KLHK, Jakarta, Selasa (24/10/2023). 

Pemprov Sumsel mendapat sejumlah penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Salah satunya adalah meraih penghargaan apresiasi pembinaan ProKlim Tingkat Provinisi tahun 2023.

Provinsi Sumatera Selatan mampu mempertahankan posisinya lima tahun berturut-turut sejak tahun 2019. Artinya, Gubernur Sumatera Selatan sebelumnya juga berhasil mempertahankan penghargaan tersebut. 

"Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan kebijakan/peraturan serta melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (ProKlim) diwilayahnya yang menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim," ucap Menteri LHK.

Selain itu, penghargaan pembinaan ProKlim juga diberikan kepada 8 bupati/kali kota di Provinsi Sumatera Selatan secara faktual. Di anyaranya, yaitu Wali kota Palembang, Wali Kota Prabumulih, Bupati Lahat, Bupati Musi Rawas Utara, Bupati Musi Banyuasin, Bupati Muaraenim, Bupati Ogan Komering Ulu, dan Bupati Ogan Ilir.

Sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Selatan juga berhasil meraih sejumlah penghargaan Tropy ProKlim Lestari dan Tropy ProKlim Utama. Peraih Penghargaan Tropy Proklim Lestari, di antaranya, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Sementara itu, peraih penghargaan Tropy Proklim Utama diberikan kepada 4 lokasi ProKlim, yaitu Kelurahan Petalang Ilir, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau. Selanjutnya, Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin dan Desa Sukamaju Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Selanjutnya, KLHK juga memberikan Penghargaan Pendukung ProKlim kepada Dunia Usaha sebanyak 6 perusahaan yang mendukung ProKlim melalui CSR di Provinsi Sumsel. Di antaranya, yaitu PT Perta-Samtan Gas, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju, Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II, PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Palembang dan PT Priamanaya Energi Site Lahat Group.

Sebagai informasi, Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Selain itu, program ini memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Share

Ads