loader

Respons Siti Nurbaya saat Tinjau Lokasi Karhutla di OKI

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar meninjau perkembangan penanggulangan Karhutla di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Minggu (12/11/2023).

Didampingi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Plt Bupati OKI Dja'far Shodiq, Siti Nurbaya meninjau lokasi karhutla di Desa Jungkal Kecamatan Pampangan.

Menteri mengatakan daerah Sumatera Selatan memiliki lahan gambut yang sangat luas. Kasus karhutla terus didalami dan tidak bisa dibiarkan karena dampaknya kepada masyarakat. 

"Ada tiga pendekatan pencegahan karhutla, pertama pengendalian cuaca mengecek skala hujan atau dengan hujan buatan, yang kedua melakukan patroli terus-terusan melalui darat maupun udara dan yang ketiga melakukan pengendalian landscape. Kawasan gambut harus selalu basah, kesadaran masyarakat termasuk tata kelola yang harus dikontrol waktunya," kata Siti.

Menurutnya, Pemprov Sumsel dan terkhusus di OKI sudah bekerja dengan baik dalam penanggulangan karhutla. Menteri Siti juga berterima kasih atas dukungan swasta, pemda dan masyarakat yang kooperatif. Sejauh ini sumsel yang masih memerlukan penanganan tetapi masih bisa diselesaikan.

"Saya berterima kasih, tahun ini kita memang mengalami masa sulit karena karhutla cukup tinggi. Saya berharap ini yang terakhir kebakaran yang ada di Indonesia terutama di Sumsel. Kita siap berjuang dan menyelesaikannya sampai akhir," katanya. 

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan penanganan karhutla memang harus terpadu dengan melibatkan semua unsur swasta, pemerintah dan juga masyarakat.

"Kita terus maraton bersama dengan swasta, pemerintah dan juga masyarakat. Dan kita bersyukur karhutla di Sumsel terutama di OKI ini sudah membaik," katanya.

Sementara Plt. Bupati OKI Dja'far Shodiq mengatakan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir sudah berupaya semaksimal mungkin untuk penanganan karhutla yang ada di Ogan Komering Ilir.

"Upaya pemerintah OKI sudah sangat maksimal dilakukan, berkat kerja sama kita semua Alhamdulillah titik api dapat kita atasi meski masih ada beberapa dan alhamdulillah juga kita juga sudah memasuki musim hujan. Kita berharap cepat berakhir dan tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan," kata Shodiq. 

Share

Ads