loader

DLH OKU Timur Gelar Rakor dan Evaluasi Titik Pantau Piala Adipura

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Menjelang pelaksanaan penilaian Adipura,  pada Rabu (10/01/2024), Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Ogan Komering Ulu (OKU) Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)   melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi titik pantau.

Rakor diselenggarakan di Aula Bina Praja II Setda OKU Timur, kegiatan ini dilaksanakan guna mematangkan kesiapan penilaian Adipura 2023 dengan mengulas titik pantau dan lintasan penilaian.

Rakor ini dipimpin Bupati OKU Timur, Ir, H,  Lanosin, MT, didampingi oleh Sekretaris Daerah Jumadi, S.Sos bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Fery Hadiansyah, ST, MM, dan dihadiri oleh Kepala OPD, Direktur RSUD Martapura, Tim Titik Pantau Adipura.

Bupati OKU Timur, Ir, H,  Lanosin, MT, mengatakan,  Piala Adipura merupakan bentuk legitimasi daripada bentuk kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungkan.

"Untuk mendapatkan adipura tentu kita memerlukan sesuatu yang terstruktur, suatu sistim dan tentu keinginan,"imbuhnya.

Piala Adipura bukanlah tujuan utama yang  dinginkan, namun dia  lebih berharap agar kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan semakin meningkat hingga kebersihan dapat menjadi suatu kebudayaan.

"Jika sudah menjadi kebudayaan, kita akan menjaga kebersihan lingkungan ini dengan ikhlas meski sedikit dengan penekanan,"ungkapnya.

Pada tahun ini Piala Adipura bisa diraih, oleh karena itu dirinya meminta kepada jajarannya untuk menegakkan aturan yang berlaku,tambahnya.

"Dekati masyarakat secara persuasif, agar Perda dan Perdes dapat ditegakkan, yakinlah lebih banyak yang suka jika kita bertindak dengan tepat. Saya ingin Piala Adipura dapat kita raih bersama,"katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Fery Hadiansyah, ST, MM, menjelaskan Rakor ini merupakan sarana evaluasi dan strategi bersama untuk melakukan pembenahan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam setiap titik pantau Adipura.

Dikatakannya, Bupati berkomitmen dan mendukung segala upaya untuk mewujudkan Kota Martapura yang bersih hingga dapat meraih Piala Adipura.

"Ini merupakan komitmen pak bupati terhadap program Adipura untuk mewujudkan Kota Martapura sebagai kota bersih guna mendorong visi bupati untuk mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia,"ujarnya.

Share

Ads