loader

Karhutla Sudah Mulai Terjadi di Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Di beberapa titik di wilayah Provinsi Sumsel telah terjadi kebakaran lahan yang cukup mengkhawatirkan. Pj Gubernur Elen Setiadi meminta jajaran di lapangan agar melakukan pengecekan rutin. 

Demikian diungkapkan Elen Setiadi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) karhutla, di Griya Agung Palembang, Kamis (25/7/2024). Rakor dilaksanakan secara daring dan luring melibatkan semua stakeholder baik pemerintah pusat, pemerintah daerah bahkan dunia usaha atau pihak swasta.

Elen Setiadi menjelaskan di Provinsi Sumsel terdapat lima wilayah yang rawan karhutla, yaitu OKI (Ogan Komering Ilir), Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Ogan Ilir dan Musi Rawas Utara (Muratara). Para kepala kaerah, utamanya OKI, Banyuasin, dan Muba diminta memberikan perhatian penuh untuk mencegah karhutla.

"Begitu pun Satgas berikan perhatian penuh kepada daerah rawan, tanpa mengesampingkan daerah lainnya," tegas Elen dikutip Jumat (26/7/2024).

Pj Gubernur menyebutkan, untuk bantuan sosial berupa pemberian air bersih dan sembako tetap diperlukan dan dilakukan untuk masyarakat. Menurut Elen pelibatan tokoh masyarakat dan pelibatan perusahaan dalam mencegah karhutla masih penting.

"Pemberian bantuan agar fokus saja kepada wilayah yang rawan karhutla. Kemudian agar Satgas tidak pecah perhatiannya dalam penanganan karhutla meskipun dalam waktu dekat ada agenda-agenda nasional dan daerah yang akan diselenggarakan seperti peringatan HUT RI pada bulan Agustus, dan pelaksanaan pilkada di bulan November. Satgas agar tiap minggu memberikan laporan rutin,” ujarnya.

 

Share

Ads