loader

Resmikan Kampus Jakabaring UIN Raden Fatah, Menag: Pusat Studi dan Dakwah Moderat

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Dalam sambutannya, Gus Yaqut, mengatakan, Universitas Islam Raden Fatah memiliki potensi untuk bisa bersaing secara nasional dengan 9 gedung yang dimiliki. 

"Jarang Universitas Islam punya gedung dengan fasilitas selengkap ini. Saya yakin SDM yang dimiliki dengan arahan rektor dan Gubernur saya yakin UIN Raden Fatah bisa bersaing secara nasional kedepannya," ujarnya.

Selain itu dia menambahkan, keberadaan Rumah Moderasi Beragama di Kampus Jakabaring mempresentasikan Sumsel sebagai cermin Indonesia yang mampu meminimalisasi paham-paham radikalisme.

"Pusat studi dan dakwah yang moderat, islam yang mengamalkan prinsip tawassuh, ini jadi cerminan Indonesia. Sumsel terkenal sebagai wilayah yang terkenal zero konflik," katanya . 

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru, mengatakan, dengan bertambahnya gedung yang dimiliki UIN Raden Fatah menjadikan peluang bagi Pemprov Sumsel untuk mengintegrasikan dengan Islamic Centre. 

"Saya punya obsesi integrasikan dengan Islamic Center setelah hal-hal yang belum selesai dituntaskan. Kalau bisa kuliah Islam kesini tak perlu ke Mesir," cetusnya. 

Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Dr Nyayu Khodijah mengatakan, pembangunan kampus Jakabaring memakan waktu dua tahun. Kampus Jakabaring UIN Raden Fatah memiliki 9 gedung baru termasuk Rumah Moderasi Beragama. 

Pembangunan kampus ini telah memakan biaya Rp 430 miliar. "Dibangun selama 723 hari bermula dari amanah para pendiri berharap memiliki kampus yang indah dan merupakan representasi budaya masyarakat Sumsel. Alhamdulilah hari ini sudah resmi berdiri dan semoga menjadi spirit baru bagi Sumsel," ungkap Nyayu. 

Adapun 9 gedung yang dimiliki kampus B UIN Raden Fatah Palembang, diantaranya, Auditorium Utama, Ruang ICT & Server Laboratorium Terpadu, Fakultas Tarbiyah (2 gedung), Fakultas Psikologi, Sains dan Teknologi, Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Rumah Moderasi Beragama. 

"Terimakasih untuk Presiden RI dan Pemprov Sumsel yang sudah mendukung dengan memberikan hibah tanah seluas 35 hektar dan kini sudah terpakai 15 hektar. Kampus baru ini akan memberikan spirit bagi UIN Raden Fatah dan Pemprov Sumsel," tutur dia. 

Share

Ads