loader

Rencana Pelabuhan Tanjung Carat Dilanjutkan, Menhub Sebut Ada Investor

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat di Banyuasin, Sumsel ternyata masih berlanjut. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut sudah ada investor dan saat ini sedang proses AMDAL.

Hal ini diungkapkan Menteri saat Rapat bersama Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni di Palembang, Sabtu (14/10/2023).

"Saya melihat Pemda sangat serius, lalu masyarakat juga antusias. Bahkan saat kami di Dermaga 16 Ilir tadi melihat  rakyat Sumsel ini memiliki etos kerja yang baik," kata Menhub Budi Karya.

Dia mengatakan dalam rapat terbatas tadi ada sejumlah topik yang dibahas. Di antaranya terkait rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Carat dan pegembangan infrastruktur transportasi terintegrasi di Provinsi Sumsel.

"Ratas tadi berlangsung menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo guna memastikan pembangunan skala nasional yang ada di Sumsel berlangsung dengan sesuai progress yang telah ditetapkan," ucapnya.

Menhub Budi Karya menyebut bahwa Pemprov Sumsel telah melakukan sejumlah upaya percepatan proses pengalihan hutan terhadap fungsi lain. Dia berharap dalam waktu enam bulan ke depan sudah dapat melakukan ground breaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

"Insya Allah, tahun depan kita bisa melakukan lelang dan karena memang sudah ada investornya. Kalau enam bulan selesai berarti 2024 kita bisa melakukan  groundbreaking,” ungkapnya. 

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyambut baik dilanjutkannya rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Mengingat kedepannya dampak yang terjadi akan sangat baik terhadap lalu lintas perdagangan di Sumsel. Kemudian, pertumbuhan ekonomi yang signifikan juga dipastikan akan terjadi.

“Untuk pelabuhan baru ini juga sedang proses AMDAL. Pak Menteri begitu intens mudah-mudahan ini juga bisa segera cepat terwujud. Berikutnya kami siap menerima arahan dari Kementerian Perhubungan agar program segera terwujud," ucapnya.

Atas nama masyarakat Sumsel, Fatoni menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi pemerintah pusat yang begitu tinggi terhadap pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Sumsel. 

Share

Ads