loader

Petani Sawit Gelar Aksi Keprihatinan, Sampaikan 5 Pesan untuk Pemerintah

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) menggelar aksi di 22 provinsi.Aksi Keprihatinan Petani Kelapa Sawit Indonesia ini dilakukan serentak mulai pukul 09.00-12.00 WIB, Selasa (17/5/2022). 

Aksi ininuntuk menyikapi dampak Larangan Ekspor Minyak Goreng dan CPO yang berdampak langsung kepada anjloknya harga TBS (tandan buah segar) kelapa sawit di seluruh Indonesia, terkhusus sentra perkebunan kelapa sawit. 

Jakarta akan menjadi sentra utama Aksi Keprihatinan Petani Sawit Indonesia pada 17 Mei 2022 di Kantor Kemenko Perekonomian dan Patung Kuda Monas, selanjutnya petani akan ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi.

Kegiatan ini akan diikuti lebih 250 peserta yang melibatkan petani sawit anggota APKASINDO dari 22 Provinsi dan 146 Kabupaten/Kota serta anak petani sawit yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Sawit (FORMASI) Indonesia. 

“Petani sawit yang datang ke Jakarta mulai dari Aceh sampai Papua Barat akan berpakaian adat-budaya masing-masing, kami ingin menunjukkan sawit itu pemersatu bangsa dan anugerah Tuhan kepada Indonesia," ujar Ketua Umum DPP APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia), Gulat ME Manurung dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/2022). 

Minggu siang, sebagian peserta aksi sudah tiba di Jakarta seperti petani sawit dari Papua Barat, Kalimantan Utara, Aceh, Sulawesi Barat dan Papua. 

Share