loader

BPBD Gelar Apel Kesiapsiagaan Hadapi Bencana di OKU Timur

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Bupati mengatakan, bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat baik yang disebabkan faktor alam dan non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan korban jiwa. 

"Sejak hari ini kita bangun komintmen bermitra dan bekerjasama, dalam upaya pencegahan bencana banjir, Karhutla, angin puting beliung dan tanah longsor di OKU Timur," ujarnya.

Pencegahan dan penganan pengendalian bencana merupakan tanggungjawab seluruh pihak. Upaya pengendalian akan berhasil secara optimal jika didukung  peran serta yang konstruktif dan komitmen kuat seluruh pihak, TNI, Polri, Dinas terkait, pemerintah kecamatan, swasta dan masyarakat yang dilakukan secara solid, serius dan koordinatif dibarangi kepatuhan seluruh elemen terhadap peraturan UU yang berlaku.

Apel kesiapsiagaan yang diaksanakan setiap tahun diarahkan untuk mempersiapkan personel dan peralatannya, agar lebih cepat dan siap, untuk dapat dimobilisasi ke wilayah yang dianggap rawan dan berpotensi terjadi bencana. Sehingga kerugian harta benda dan jiwa dapat dihindari.

"Apel ini aga personel penanggulangan bencana selalu siap dengan peralatan yang ada dalam kondisi baik dan dapat dipergunakan secara maksimal di lapangan dan siap untuk dimobilisasi ke lokasi bencana di OKU Timur," katanya.

Diharapkan seluruh pihak untuk melakukan langkah-langkah strategis termasuk upaya pencegahan berupa penyuluhan maupun sosialisasi kepada masyarakat. "Meningkatkan kewaspadaan dan monitoring terhadap wilayah yang rawan terjadinya becana benjir dan longsor,"  terangnya.

Kemudian mengaktifkan posko siaga darurat bencana di lokasi terdekat daerah rawan banjir dan tanah longsor yang dilengkapi sarana dan prasarana yang cukup. Meningkatkan patroli bersama untuk mencegah terjadinya Karhutla. Meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, dalam upaya pengendalian bencana di wilayah kerja masing-masing.

Sementara Kepala BPBD OKU Timur H Mgs Habibullah, menambahkan, peserta apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana terdiri dari Kodim 0403 OKU satu pleton, Polres OKU Timur satu pleton, Puslatpur satu pleton, Yon Armed 15/105 Tarik satu pleton, Tepbek-44-04-A-Martapura satu pleton, Sat Brimob Batalyon C Kompi 1 satu Pleton, Basarnas Pos Martapura satu Pleton, Sat Pol PP dan Damkar dua pleton, Dinkes satu pleton, Dinsos satu Pleton, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan satu ton, Dinas PU dan Tata Ruang satu pleton, Dinas Perkim satu pleton, Dishub satu pleton, Dinas Pertanian satu pleton, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan tim kura-kura ninja BPBD OKU Timur satu pleton. TRC kecamatan satu pleton. PMI satu pleton, Senkom satu pleton.

"Tujuan kita menggelar  apel dalam rangka ketersedian, kesiapsiagaan personil dan peralatan, OKU Timur dalam rangka penanggulangan bencana dengan bergerak cepat, bertindak tepat, terarah, terpadu, tangguh, teruji, sinergisitas dan profesional," tegasnya.

Share

Ads