loader

Dorong Eksistensi Buah-buahan Lokal Hingga Buka Peluang Bisnis

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - - Sejumlah aneka buah-buahan lokal yang dipamerkan, di antaranya buah durian, manggis, nanas, mangga dan aneka buah lokal lainnya hasil pertanian dan perkebunan dari sejumlah daerah di Sumsel

Sekretaris Pelaksana Mika Asri mengatakan, ada 112 stan peserta yang terdiri dari Kabupaten/kota se-Sumsel, BUMN, Perguruan tinggi yang menawarkan komoditi dan produksi unggulannya.

"Sesuai nama kita tonjolkan buah-buahan Sumsel, kita berharapnya buah-buahan unggulan Sumsel dapat terpublikasi, seperti kita punya Durian Lahat, Jeruk Pagaralam itu enak sekali," ungkap Mika, Jumat (10/1/2020).

Ungkapan tersebut, kata Mika, pernah diucapkan oleh Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Fadel Muhammad ketika berkunjung ke Sumsel.

"Kalau bisa enaknya ini bisa terasa sampai ke pulau Jawa bahkan luar negeri kata beliau, di samping produk pertanian dan pangan kita yang bagus," jelasnya.

Pria Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini  menambahkan, dengan adanya Tol di Sumsel yang menghubungkan dengan Lampung dapat memangkas ongkos distribusi sehingga  mempermudah untuk buah-buahan dikirim ke jawa.

Selain itu di festival tersebut, dapat menjadi pertemuan antara pembeli dan peserta yang siap menampung buah-buahan mereka untuk dijual. Sehingga terjadi interaksi Business Matching dengan pembeli.

"Besok ada MoU antara Gubernur dan IPB soal mencari solusi masalah pertanian di Sumsel kami akan support. Kedua beberapa pelaku peetanian ada kesepatakan dengan pembeli, misalnya  212 mart yang siap menampung buah-buahan, jadi silahkan mereka transaksi dengan pembeli untuk membuka peluang bisnis," katanya.

Share