loader

Kemenpan RB Tinjau MPP di Palembang, Ini Catatannya

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa MBA melakukan peninjauan dengan didampingi  Sekda Kota Palembang Ratu Dewa dan Kepala Dinas DPM-PTSP Akhmad Mustain.

Dari hasil peninjauannya, Diah menemukan ada beberapa catatan yang harus diatasi DPM-PTSP agar sirkulasi pelayanan menjadi optimal, yakni penambahan space bagi pelayanan Dukcapil.

"Semuanya sudah saya cek dan lengkap semua tidak hanya instansi Pemerintah Kota saja tapi juga BUMN, BUMD, Kepolisian, Jaksa, Perpajakan. Hanya saja, space pelayanan bagi Dukcapil masih butuh diperluas karena bagian itu masyarakat pasti selalu ramai," ujarnya.

MPP Terbesar Kalahkan Batam

Menurutnya, ketika telah diresmikan, MPP Palembang akan menjadi MPP terbesar di Indonesia. Mengingat pusat pelayanan publik ini dibangun di atas tanah seluas 12 ribu meter persegi dan memiliki luas bangunan total 2 hektar.

MPP terluas saat ini ada di Batam dengan luas bangunan 5 ribu meter persegi yang berasal dari gabungan 3 pihak. "Dari 24 MPP yang sudah kami resmikan Batam adalah yang terluas, dan saat ini ada 30 MPP yang tengah dibangun. Alhamdulilah Palembang menerima bangunan hibah dari Pemprov Sumsel dan jika selesai diresmikan MPP Palembang merupakan terluas dan yang paling beragam," tandasnya.

Layanan Publik Harus Transparan

Ia mensupport semua pembangunan MPP sesuai tupoksinya, dan berharap tetap mengedepankan transparansi pelayanan. Apalagi Palembang termasuk kota dengan tingkat pelayanan publiknya selalu di rangking A.

"Kalau sudah masuk di sini semuanya bersatu padu tidak ada lagi yang layanan sendiri-sendiri. Dengan keberadaan MPP masyarakat merasa dibahagiakan ketika dilayani dengan baik," ujarnya.

Menyediakan Beragam Pelayanan

Sementara itu, Sekda Kota Palembang Drs Ratu Dewa mengatakan, setelah ini pihaknya akan mendatangi Wakil Presiden untuk beraudiensi. "Dalam waktu dekat saya akan mengajak Walikota untuk mengunjungi Wapres untuk beraudiensi," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang  Akhmad Mustain mengatakan, saat ini infrastruktur di MPP di Kota Palembang, telah memasuki tahap finishing.

"Infrastruktur MPP sudah 95 persen telah selesai, tinggal kesiapan OPD lain yang akan bergabung di MPP," jelas Mustain.

Adapun organisasi (OPD) di lingkungan Pemkot, yang akan memberikan pelayanan di MPP ini, katanya,  Disdukcapil, BPPD, PDAM Kesbangpol, PU, Dishub, Perdagangan, Perindustrian, DLHK.

"Dari eksternal Pemkot juga ada, seperti Kepolisian untuk perpanjangan SIM, Samsat, Imigrasi, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Ombudsman, Ikatan Notaris, Pertanahan, Kemenkumham, dan ikatan arsitektur," tuturnya.

Share

Ads