loader

Samade Labuhanbatu Beri Pelatihan Tenun Lidi Sawit

Foto

LABUHANBATU, GLOBALPLANET - Ketua Samade Labuhanbatu, Eko Saputra SP, dalam keterangan resminya, Rabu (19/2/2020), menyebutkan kegiatan itu diikuti oleh puluhan ibu rumah tangga di Desa Teluk Santosa. 

Kegiatan itu, ujarnya, sebagai bentuk sinergisitas Samade Labuhanbatu dengan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu dalam peningkatan mutu ekonomi kerakyatan.

"Nantinya kami akan bekerjasama dengan Pemkab, seperti Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta Dinas Pertanian dan Perkebunan.

Eko menyebutkan, kegiatan itu juga merupakan bukti serius Samade Labuhanbatu membentuk kelompok ekonomi kreatif yang diisi dan dijalankan oleh para ibu rumah tangga.
 
"Dalam pelatihan ini kami fokus pada inovasi pemanfaatkan limbah tanaman kelapa sawit sebagai sumber bahan baku. Dari limbah tersebut nantinya akan dijadikan produk kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan mampu menjadi sumber ekonomi baru dalam peningkatan mutu ekonomi kerakyatan di Kabupaten Labuhanbatu," kata Eko.

Untuk tahap awal, pihaknya akan memberikan pelatihan tenun lidi kelapa sawit kepada para ibu rumah tangga agar bisa dijadikan produk kerajinan tangan seperti tas, sandal, gorden dan laiannya.

Share

Ads