loader

Mobil Perusahaan Rusak Jalan di PALI, Pisang Tanaman Warga Berbuah

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Tak tanggung-tanggung setidaknya dua titik kerusakan parah dan ditanami warga dengan lima jenis tanaman seperti tanaman pisang, mangga, pinang, tebu dan serai. Bahkan ada satu tanaman pisang yang telah berbuah. Selain itu, warga juga membuat tulisan dari papan dan cat yang bernada protes "Lahan perkebunan spj 4km".

Menurut Kepala Desa (Kades) Maju Jaya, Dedi Prayoga, kondisi tersebut sudah berlangsung setahun lebih dan diperparah saat ini musim penghujan, sehingga menjadi licin dan membuat aktivitas warga menjadi terganggu. Apalagi jalan itu merupakan jalan alternatif menuju Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

"Ini murni warga yang memasang (Plang) dan menaman tanaman di tengah jalan, karena kesal jalan kami tidak juga diperbaiki," ucap Kades Maju Jaya, Selasa (25/2/2020). 

Dituturkannya, jalan yang rusak didesanya sepanjang 1 kilometer. Pangkal kerusakan berada di Dusun I hingga ke ujung desa. Bahkan, kerusakan juga sampai ke Desa Talang Akar.

"Sudah sejak setahun terakhir, jalan ini sering dilalui kendaraan berat milik Pertamina yang tonasenya sudah melebihi kapasitas dengan berat 30 ton sampai 40 ton," tuturnya.

Lebih lanjut dibeberkannya, setidaknya ada delapan titik kerusakan cukup parah yang berada di desanya. "Tapi kalau dihitung sampai Desa Talang Akar banyak titik kerusakan," bebernya.

Dedi mengungkapkan, pihaknya sudah sering meminta supaya pihak Pertamina memperbaiki jalan yang rusak tersebut. Namun, hingga saat ini belum juga ada respon dari Pertamina.

"Nah, semenjak di tengah jalan ditanam pisang, Pertamina mau memperbaiki jalan. Tapi, untuk pengecoran belum. Tahun ini, Pertamina akan menguruk dengan batu. Baru tahun depan akan dicor ulang, tapi kami minta kepastian itu secara tertulis bukan hanya omongan saja," ungkapnya.

Sementara, Meiken warga Desa Talang Akar, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI yang setiap hari melalui jalan tersebut sangat mengeluhkan kondisi jalan rusak. 

Pasalnya, apabila musim penghujan selain jalan berlubang, juga jalanan menjadi becek dan licin, sehingga membahayakan pengendara melintas. "Motor kami pernah terbalik karena jalan berlubang dan licin. Makanya kami minta supaya pihak terkait segera memperbaiki jalan yang rusak itu," pungkasnya.

Share

Ads