loader

Bantuan Stok Masih Ditunggu, Pembelian Gula di Pasar Murah Dibatasi 1/2 Kg

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ketika meninjau stok sembako di gudang Bulog Divre Sumsel Babel, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menjelaskan pembatasan ini dilakukan mengingat stok gula Bulog yang semakin berkurang. Harga yang ditawarkan harga yang murah yakni Rp12500 perkilogram, untuk pembelian dibatasi setengah kilogram.

"Operasi pasar Insyaallah kita mulai hari Sabtu nanti, selagi menunggu bantuan dari Kementerian perdagangan, seluruh Bulog di Indonesia akan menerima bantuan 29800 ton gula impor. Pembelian gula kami batasi setengah kilogram dengan harga sekitar Rp6000-an untuk setiap warga dengan melampirkan KTP," jelas Fitri, Kamis (12/3/2020).

Pembatasan ini dilakukan bukan tanpa alasan, ia hanya ingin mengawasi agar masyarakat jangan sampai menimbun gula yang kini sedang langka. Sehingga ini hanya dilakukan agar memastikan stok gula di gudang Bulog aman dan cukup.

"Jangan sampai ada penimbunan besar-besaran karena mengingat, gula ini Kebutuhan pokok masyarakat apalagi tak lama lagi kita menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri tentu banyak masyarakat yang mempersiapkan makanan," tandasnya.

Wakil Pimpinan Bulog Divre Sumsel Babel Yudi Wijaya menerangkan, saat ini stok gula yang di gudang Bulog ada 9,6 ton. Akibatnya kini pihaknya menyetop distribusi kepada distributor gula, oleh karenanya bantuan dari Kementerian perdagangan RI sebanyak 29800 ton masih dinanti.

"Dalam waktu dekat Kementerian perdagangan akan mengimpor gula dari Brazil dan India menurut infonya sebanyak 400 ribu ton. Dari situ, gudang Bulog se Indonesia akan menerima 29800 ton. Untuk kebutuhan Sumsel sendiri kita tunggu dari Dinas Perdagangan Sumsel berapa kebutuhannya," jelasnya.

Ia mengakui kelangkaan gula disebabkan faktor waktu panen tebu yang belum tiba, pasalnya masa panen tebu ada di antara bulan Juni - Juli. Selain gula, stok sembako lain di Bulog seperti beras dan terigu dan lain sebagainya dalam jumlah yang aman.

"Bukan hanya di pasar tradisional, saya juga menemukan di beberapa minimarket gula sudah langka. Normalnya gula stok kita dalam ribuan ton, kalau stok yang sekarang cukup untuk satu bulan makanya penjualan ke Distributor kami setop dulu, kasian emak-emak nanti. Sesuai instruksi Wawako, kita akan melakukan penjualan minimal satu orang setengah kilo gula. Selagi menunggu bantuan gula impor datang," pungkasnya

Share

Ads