loader

Kapolres OKI Besuk Pasien ODP Covid-19 di RSUD Kayuagung

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Dalam kesempatan itu, setelah berkoordinasi dengan pihak RSUD dan tim medis yang merawat pasien tersebut di ruang isolasi, Kapolres mengenakan pakaian sterilisasi dilengkapi sepatu dan masker.

Kapolres didampingi tim medis pun bertatap muka langsung dengan pasien ODP, dan memberikan semangat serta mendoakan agar lekas sembuh.

“Tadi saya kesana untuk menjenguk, sekaligus melakukan pengecekan dan koordinasi dengan pihak RSUD Kayuagung. Kaitannya, menyikapi informasi bahwa kemarin ada salah satu warga kita yang lagi dirawat dan dalam pemantauan tim medis RSUD Kayuagung,” ujar Kapolres.

Pasien ini sebelum dia ke Jakarta sudah sakit. Namun ketika dia berangkat sempat sembuh, dan pada saat pulang kambuh lagi. Tetapi sekarang kondisinya sudah stabil.

“Jadi kita belum bisa menentukan itu corona apa tidak. Karena yang memastikan terpapar berdasarkan hasil labnya, dan itu belum ada sampai saat ini,” kata Kapolres.

“Masyarakat tidak usah terlalu khawatir dengan virus corona, karena memang kita disini (OKI -red) belum ada. Pasien yang saat ini dirawat di ruang isolasi RSUD Kayuagung, itu kan cuma orang yang baru terdapat gejala klinis, statusnya juga ODP. Karena sakitnya telah ada sebelum dia berangkat,” tegas Kapolres lagi.

Bisa saja gejala klinis demam panas hanya faktor kecapean, kalau masalah positif itu menunggu hasil uji laboratorium. Lanjut Kapolres, dirinya telah melihat langsung kondisi pasien yang saat ini mengenakan pakaian sterilisasi dipersiapkan tim medis, bahkan sempat ngobrol.

“Kondisi pasien ini bisa bicara, kemudian memang demamnya juga sudah reda. Saya memberikan motivasi bahwa ini cuma SOP atau prosedur dari rumah sakit yang harus dilakukan bagi orang yang terkena penyakit dengan ciri – ciri yang ia alami. Jadi beliau jangan merasa terisolir dan merasa rendah diri, juga merasa diperlakukan tidak baik oleh pihak rumah sakit,” tandas Kapolres.

Juga disampaikan kepada beliau, bahwa semua orang itu bisa kapan saja sakit, dan orang yang sakit belum tentu bisa langsung lebih cepat meninggal. Karena orang sehat pun bisa saja lebih duluan. Sambung Kapolres, intinya ajal kita itu semua sudah diatur oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, jadi kita tidak perlu terlalu khawatir yang berlebihan.

“Oleh karena itu diimbau masyarakat Kabupaten OKI agar jangan terlalu panik mengenai virus corona. Yang terpenting selalu dan senantiasa berpola hidup sehat, jaga kebersihan disekitar kita, juga jangan lupa mencuci tangan setelah melaksanakan aktifitas,” pungkas Kapolres.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan, ketika diwawancara melalui pesan WhatsApp mengatakan bahwa kondisi pasien ODP saat ini semakin mambaik.

"Trendnya semakin membaik, untuk suhu badan yang awalnya 40 menjadi 37 derajat celcius dan insyallah pihak RSUD Kayuagung akan memindahkan pasien dari rungan isolasi UGD ke ruangan isolasi perawatan," ujarnya singkat.

Share

Ads