loader

Termasuk Masjid, Palembang Akan Bagikan Hand Sanitizer Bikinan Sendiri

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, hand sanitizer telah mulai diproduksi BBPOM. "Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik dan bantuan dari banyak pihak, sehingga bahan-bahan terutama alkohol yang lebih kurang 95 persen kita dapat," ujarnya, Kamis (19/03/2020).

Fitri menjelaskan, untuk alkohol, Pemkot Palembang telah mendapatkan kurang lebih sebanyak 200 liter alkohol. Yang akan menghasilkan 300 botol hand sanitizer ukuran 200 mililiter.

"Ini racikannya dibuat dan telah dikerjakan oleh BBPOM. Jadi, dalam artian kita telah mendapatkan hand sanitizer kurang lebih 200 liter dan nantinya akan kita bagi-bagikan dengan ukuran yang lebih kecil, sekitar 200 ML dan terhitung kemungkinan sekitar 300 botol akan kita produksi," jelasnya.

Masih dikatakan Fitri, untuk pembagian sendiri, rencana di beberapa tempat, yaitu pelayanan kantor, mushala, masjid dan rumah-rumah ibadah lain serta sekolah. "Ini semua kita lakukan karena kelangkaan Hand Sanitizer," singkat Fitri.

"Kita tidak putus sampai di sini, karena ini tahap awal yang dibuat, selama mudah mendapatkan bahan-bahan seperti alkohol 96 persen, otomatis akan terus dilakukan sebanyak banyak mungkin, karena ini sangat di butuhkan masyarakat," lanjut Fitri.

Saat ini langkah-langkah yang akan dilakukan pihak Pemerintah Palembang, yakni melakukan penyemprotan desinfektan, memproduksi hand sanitizer, dan bekerjasama RSUD Bari untuk membuat masker.

"Karena kelangkaan masker sehingga mengupayakan pihak rumah sakit membuat masker kain, paling tidak diberikan masyarakat yang sehat untuk berjaga-jaga. Semua ini dilakukan mulai dari penyemprotan, produksi hand sanitizer, dan masker itu semuanya gratis di berikan masyarakat," paparnya.

Sementara Plt Kepala BBPOM Palembang Arofah Nurfahmi menghimbau masyarakat untuk tidak membuat sendiri Hand Sanitizer, namun pihaknya lebih menghimbau untuk tetap sering mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

"Kalau Hand Sanitizer itu pake alkohol. Jadi untuk masyarakat tidak dianjurkan untuk membuat sendiri. Untuk masyarakat dianjurkan untuk sering-sering saja memcuci tangan," ucapnya.

Share

Ads