loader

Banjir di OKU Timur Sumsel Meluas, Warga Mulai Mengungsi

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Kepala BPBD OKU Timur Mgs Habibullah mengatakan, banjir saat ini meluas ke Kecamatann Buay Pemuka Bangsa Raja, seperti di Desa Muncak Kabau di Dusun 1 hingga 3. Sebagian warga mengungsi di mushollah. Banjir juga terjadi di Desa Sribunga. Menurut warga setempat banjir kali ini yang terbesar dari 50 tahun terakhir.

Banjir juga melanda Kecamatan Madang Suku II terutama di Desa Riang Bandung dan Desa Karang Negara. Di kecamatan ini warga Desa Karang Negara diungsikan ke unit Trans. "Banjir kiriman saat ini terjadi di beberapa desa di daeeah hilir masyarakat kita imbau harus tetap waspada," tambahnya.

BPBD sudah menerjunkan petugas untuk melakukan pemantauan. Demikian juga dengan Team Reaksi Cepat (TRC) dan peralatan sudah disiapkan guna menolong masyarakat yang terkena banjir.

Sementara Kepala Desa Karang Negara, Kecamatan Madang Suku II, Heriansyah menjelaskan, banjir kiriman yang melanda desanya terjadi sejak Jumat (08/05/2020) sore. Awalnya ketinggian air hanya 50 centimeter, namun semakin malam ketinggian air bertambah.

Saat ini ketigian air sudah mencapai 1,5 meter. Untuk mengantisipasi ha-hal yang tidak diinginkann warga yang berada di dataran rendah dievakuasi ke dataran yang lebih tinggi. "Memang ada warga yang sudah kita evakuasi ke tempat yang lebih tinggi agar aman. Kondisi di desa juga gelap karena aliran listrik mati karena ada tiang yang perlu perbaikan," ujarnya.

Share

Ads