loader

Kepala BPBD OKU Timur Memprediksi Banjir Akan Naik Lagi

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Untuk itu masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) atau bantaran Sungai Komering dihimbau untuk tetap waspada. Bahkan jika memang kampung maupun tempat berdomisili sudah terkena banjir sebaiknya warga mengungsi ke tempat yang lebih aman,l.

"Masyarakat kita himbau agar tetap waspada karena diperkirakan banjir akan naik lagi karena bagian hulu semalam hujan dan biasanya 12 jam kemudian air sampai ke OKU Timur,"ungkapnya.

Berdasarkan data sementara sebanyak 3522 Kepala Keluarga (KK)  di enam kecamatan di OKU Timur, diantaranya Kecamatan Bunga Mayang, Martapura, BP Peliung, BP Bangsaraja, Madang Suku II, Madang Suku III. Menjadi krorban bencana banjir yang saat ini sedang melanda. "Masyarakat yang terdampak banjir sudah diberikan bantuan Sembako," terang Habib.

Dia juga menambahkan untuk memantau perkembangan di lapangan Masyarakat Perduli Bencana, PRC, Tagana standby dan siap siaga.Saat seluruh petugas berada di lapangan dan yang berada di Posko bagian logistik.

Habib juga menambahkan masyarakat perduli bencana yang bertugas memantau keadaan daerah masing-masing dan melaporkan keadaan disetiap wilayah ke Posko terpadu. Dari laporan petugas di lapangan akan diketahui setiap perkembangan di wilayah masing-masing.

3522 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir luapan sungai komering dimana jumlah tersebut berasal dari beberapa kecamatan diantaranya, Kecamatan Bunga Mayang, Martapura, BP Peliung, BP Bangsa Raja, Madang Suku II dan Kecamatan Madang Suku III.

Sedangkan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi, ketika memimpin gerakan sosial penanggulangan bencana banjir luapan Sungai Komering, menjelaskan sekarang  Pemkab OKU Timur melalui BPBD telah memberikan bantuan Sembako ke daerah terdampak banjir.

"Salah satunya di Desa Karang Negara, Muncak Kabau, untuk jalur komering sudah ada yang membentuk Posko kesehatan guna mengantisipasi agar warga tidak terkena penyakit,”katanya.

Ada 911 paket Sembako siap dibagikan yang merupakan paket Sembako untuk dampak covid namun dialihkan sementara untuk penanggulangan korban banjir, dari 911, 306 paket lainnya sudah di bagikan.

"Hari ini minggu kita aksi sosial, seluruh  kepala OPD mengeluarkan dana masing masing secara pribadi dengan dasar kemanusian membantu korban terdampak bencana,"tambahnya.

Sedangkan tentang Terusulan pengalihan air di pintu Irigasi supayan banjir di Sungai Komering bisa berkurang Kholid menjelaskan  itu kewenangan dari p Balai Besar Sungai Sumatera 8.

Share

Ads