loader

Gunakan KRI Teluk Lampung, 450 Personel Yonif Raider Diberangkatkan ke Kalimantan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kasdam II/Sriwiajya Brigjen TNI. M. Zamroni melepas keberangkatan Satgas Pantas ke Kalimantan Timur dan Utara dari yonif 200/ Bakti Negara kodam II/Sriwijaya Palembang di pelabuhan Boom Baru, Senin (11/5/2020). 

Sebelum melepas anggotanya dalam apel di samping KRI Teluk Lampung Kasdam II/Sriwiajya Brigjen TNI. M. Zamroni meminta anak buahnya melaksanakan tugas dengan baik taat pada aturan dan koordinasi dengan instansi tekait termasuk dengan tentara di Raja Malaysia.

"Perbatasan Kaltim dan Kaltara termasuk daerah rawan pergeseran tapal batas, penyelundupan, TkI ilegal, Miras, oleh karena itu jalin komunikasi dan kerja sama dengan instansi terkait," kata Kasdam.

Satgas Pantas dari Batalyon Ifantri (Yonif) Raider 200/Bakti Negara Gandus Palembang yang akan bertugas di daerah perbatasan Kaltim dan Kaltara berkekuatan 1 Batalyon atau 450 personil bertugas sekitar 6 bulan atau lebih.

Batalyon Yonif Raider 200/BN akan bertugas di perbatasan Indonesia - Malaysia untuk menggantikan Satgas Pantas TNI AD yang lama.

"Perjalanan dari Palembang sekitar 3-4 hari menggunakan KRI Teluk Lampung langsung dari Palembang menuju Balikpapan," kata Danlanal Kolonel TNI Saryanto.

Kapal langsung ke Balikpapan memakan waktu sekitar 3-4 hari, kalau cuaca bagus bisa tembus 3 hari,dari sini,'' kata Saryanto.

Kapal KRI Teluk Lampung khusus kapal pengangkut personil dan material stand by di kolim lamil di Surabaya, KRI Teluk Lampung bisa juga mengangkut kendaraan tempur, lanjutnya.

Share

Ads