loader

Ajak Masyarakat Disiplin Ikuti Imbauan Pemerintah

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Mereka yang berhari-hari berkontak langsung dengan para pasien untuk merawat dan memberikan dukungan agar pasien yang poisitif terjangkit COVID-19 agar sembuh. Tak sedikit pula mereka yang rela tak pulang ke rumah hingga merelakan waktu berkumpul bersama keluarga untuk melindungi keluarga yang mereka sayang.

Tapi, kondisi sebagian masyarakat yang terlihat apatis terhadap berbagai imbauan terkait protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus ini seolah bertolak belakang dengan apa yang mereka lakukan. Lantas, bagaimana jika para tenaga medis ini menyerah ataupun banyak dari mereka yang turut tertular virus corona?

Hal ini menjadi gambaran yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Alexander Bustomi saat mendampingi Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten OKI, Iwan Setiawan menyampaikan update terbaru kondisi COVID-19 di Kabupaten OKI, Minggu (17/05) malam.

“Kita tentu tidak menginginkan mereka tertular karena ketidakdisiplinan kita. Dan tidak terbayangkan jika mereka seluruhnya terpapar (virus corona) tentu ini akan menjadi masalah,” katanya.

Untuk itu, dia mengajak agar bersama-sama mendukung tugas dan para tenaga medis ini. Menurutnya, dukungan terhadap tenaga medis ini salah satunya dengan mematuhi berbagai imbauan dan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

“Mari kita dukung mereka (petugas medis) sebagai gardah terdepan dengan terus mematuhi imbauan dan protokol kesehatan dengan  tidak berkeliaran di jalan, tidak berkerumun, menggunakan masker, tidak keluar rumah kecuali untuk keadaan yang sangat mendesak, menjaga kebersihan, dan masih banyak lagi hal lainnya,” ungkapnya.

Dia juga mengajak agar membayangkan bagaimana jika yang berada pada posisi tenaga medis ataupun keluarga dari tenaga medis tersebut adalah kita. “Mari sama mendukung dan menjaga sehigga tidak menularkan,” tegasnya.

Sementara itu, hingga Minggu kemarin jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten OKI berjumlah 30 orang. hal ini setelah ada dua kasus tambahan terbaru usai dua hari tidak ada penambahan kasus positif COVID-19.

“Berdasarkan release dari tim gugus tugas Provinsi Sumatera Selatan, ada penambahan sebanyak dua kasus di Kabupaten OKI sehingga saat ini total positif COVID-19 di Kabupaten OKI berjumlah 30 orang,” ungkapnya.

Terkait tempat domisili pasien terbaru ini menurut Iwan pihaknya belum dapat menjelaskan secara rinci karena belum mendapatkan pemberitahuan lengkap dari BBLK Palembang. “Nanti bila data by name by adresnya sudah diketahui akan kembali kita sampaikan,” katanya.

Sementara untuk gambaran situasi terkini COVID-19 di Kabupaten  OKI sendiri hingga Minggu kemarin yaitu PPT sebanyak 10.426 orang, Orang dalam Pemantauan sebanyak 92 orang, Pasien dalam Pengawasan sebanyak 3 orang dan pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 30 orang.

Share

Ads