loader

Antisipasi La Nina, Masyarakat OKI Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Lebih Awal

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Wakil Bupati OKI, H. M. Dja'far Shodiq mengimbau masyarakat agar lebih waspada akan dampak curah hujan yang tinggi dan diprediksi akan mencapai puncaknya pada akhir bulan November - Desember 2020.

“Bencana alam bisa terjadi kapanpun dan di manapun, tidak ada yang tahu kapan akan terjadi. Maka perlu kita antisipasi lebih awal. Untuk itu, kita perlu membangun kesadaran bersama untuk mitigasi bencana, meskipun dalam waktu dua tahun terakhir ini jumlah kasus bencana di OKI mengalami penurunan,” katanya.

Memasuki musim hujan tahun ini yang disertai adanya fenomena La Nina menyebabkan peningkatan curah hujan 40% lebih tinggi dari biasanya.

"Peningkatan pemahaman akan resiko bencana merupakan langkah dini untuk melatih kesiapsiagaan menghadapi situasi bencana. Selain itu, kerjasama yang solid diperlukan dalam mengantisipasi segala kemungkinan bencana di OKI," tambahnya.

Selanjutnya, dalam apel tersebut digelar simulasi penyelamatan korban tenggelam yang dievakuasi menggunakan perahu karet dalam melakukan pertolongan pertama dari Tim Medis hingga dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Share

Ads