loader

Gelar Lomba  Bidar Mini, Cara Warga OKI Rayakan HUT RI dan Jaga Tradisi 

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Ada beragam cara bagi warga Indonesia untuk beramai-ramai merayakan HUT RI, salah satu yang unik dan seru ada di Kayuagung Ogan Komering Ilir. Warga berkumpul di sungai Komering untuk meramaikan lomba perahu Bidar.

Di daerah ini Adu cepat mendayung Bidar biasanya dilombakan pada perayaan HUT RI sekaligus untuk melestarikan budaya Lokal.

Kompetisi Bidar Mini di Sungai Komering tahun ini diinisiasi Dinas Pemuda dan Olahraga berkolaborasi dengan Karang Taruna OKI selain merawat tradisi kegiatan ini juga  beri berkah UMKM lokal.

Ketua Pelaksana Kegiatan Bidar Mini, Moh. Macan, S.I.P mengatakan Kompetisi Bidar ini memiliki arti filosofis bagi masyarakat di OKI. 

"Dulu, para nenek moyang beraktivitas di atas sungai komering menggunakan perahu. Maka dari itu, lewat kompetisi ini kita menjaga tradisi para pendahulu" ujar dia.

Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna OKI, M. Alki Ardhiansyah mengatakan antusiasme masyarakat begitu tinggi terhadap Kompetisi Bidar. 

"Kami senang dengan antusiasme masyarakat, ini juga jadi obat setelah 2 tahun ditiadakan karena terhalang pandemi. Dengan ini, masyarakat bisa merayakan semarak kemerdekaan dengan Suka Cita", kata Alki. 

Alki berpesan agar seluruh masyarakat baik peserta, panitia dan penonton untuk menjaga kebersihan lingkungan. 

"Tetap jaga kebersihan agar lingkungan tetap indah dan sejuk", imbunya.

Sementara Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H.M. Dja'far Shodiq menyampaikan kompetisi bidar yang merupakan tradisi  leluhur yang mengajarkan  persatuan, kerjasama, semangat juang serta menjunjung tinggi sporitivitas.

"Setiap tim pasti berusaha untuk menjadi terbaik dari setiap kompetisi. Lebih dari pada itu, persaudaraan yang maki erat dan masyarakat yang makin kompak adalah esensi utama yang kita semua harapkan", kata Wabup Shodiq. Jumat, (19/08).

Shodiq menyampaikan selamat kepada  pemenang dan berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah menjaga kedamaian selama kompetisi.

"Selamat untuk kita semua, semoga kekompakkan dan kedamaian yang tercipta dari kompetisi ini dapat terjaga selamanya. Masyarakat OKI bisa pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat", imbuhnya. 

Dikesempatan yang sama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga OKI, M. Refly, S.Sos, MM menyampaikan Bidar  merupakan salah satu dari cabang Olahraga Tradisional yang dapat diikuti secara berjenjang dari tingkat tingkat Kabupaten sampai dengan Nasional.

"Kompetisi ini selain untuk mencari potensi terbaik di OKI yang terutama dapat menjadi ajang silahturahmi, masyarakat bisa bersatu dan memperkuat persauadaraan", kata Refly.

Refly menambahkan selain masyarakat tumpah rumah menyaksikan Kompetisi Bidar Mini, sektor UMKM juga mendapatkan berkah.

Keluar sebagai juara  pertama pada lomba adu cepat perahu bidar tahun ini yaitu Tim Kecamatan Pedamaran  sebagai Runner-up yaitu Kecamatan Kota Kayuagung sementara  Juara 3 dan 4  diraih oleh Tim Bidar Mini Kelurahan Kayuagung Asli dan Kelurahan Sidakersa. 

Share

Ads