loader

Cerdas Migas untuk Pelajar, Program PT Pertamina EP Asset 2

Foto

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Kegiatan dilakukan selama 10 hari, 3 sampai 23 Maret. Peserta bergantian dari tiga daerah sekitar yakni Kabupaten Muara Enim, PALI dan Kota Prabumulih, di  di gedung HR Pertamina.

Adapun sejumlah materi diberikan seperti fungsi RAM Prabumulih field dengan pemateri Dimas Prayoga, Fungsi Engineering Planning (PE) oleh Reza Ramadhan, Fungsi HSSE oleh Nurhadi Muslim dan Fungsi Legal & Relation oleh Arie Fahlupi.

Tidak hanya diberikan edukasi terkait migas, pelajar juga diperkenalkan langsung dengan alat-alat untuk melakukan pengeboran di Museum 3D dan Demo Room PT Pertamina EP Asset 2.

Arie Fahlupi selaku Staf Legal & Relation mengatakan, PT Pertamina EP Asset 2 saat membuat program cerdas migas untuk mengetahui tentang cara mencari migas yang membutuhkan waktu bertahun tahun serta harus mengeluarkan dana besar.

"Kita sekarang ada program baru bernama cerdas migas yang sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu dengan memberikan edukasi kepada pelajar SMU tentang bagaimana proses pencarian minyak dan gas bumi Indonesia dari eksplorasi sampai produksi maupun dari ilir sampai ke rumah-rumah," kata Arie, Jumat (6/3/2020).

Ari menuturkan tujuan program ini agar pelajar tahu cara mencari minyak dan gas bumi yang tidak mudah dan berharap migas digunakan dengan bijak. "Dan kebenaran hari Kamis kemaren anak SMAN 1 Lubai," ucapnya.

"Dari rangkaian kegiatan ini pelajar dapat tahu kalau produksi berapa dan kebutuhan kita sehari-hari digunakan. Untuk itu hendaknya dapat menggunakan BBM dan gas dengan hemat karena indonesia bukan kaya raya minyak lagi, stok semakin menipis jika tidak terus dicari," katanya lagi.

"Memang saat ini selain energi fosil minyak bumi, ada juga energi terbarukan seperti matahari, angin dan panas bumi namun itu semua belum termanfaat dengan baik," lanjutnya seraya menuturkan tahun 2020 ini pihaknya menargetkan 23 sumur produksi dan program sesmic semoga target tahun ini 18 ribu barel perday akan tercapai.

Terpisah, Ketua OSIS SMU Negeri 1 Kecamatan Lubai mengungkapkan, banyak sekali pengetahuan dan ilmu yang didapat pada kegiatan edukasi migas itu dan pihaknya sangat berterimakasih.

"Dengan adanya kegiatan ini kita lebih tahu bagaimana cara proses pencarian minyak dari mulai eksplorasi sampai memproduksi dan ini ilmu yang berharga bagi kami untuk kedepannya," ungkapnya.

Share

Ads