loader

Delapan Warga Suku Sakai Terima Bantuan SPP dari Sinar Mas

Foto

RIAU, GLOBALPLANET - Dari keterangan resmi pihak Sinar Mas, Rabu (14/10/2020), disebutkan sumbangan yang diberikan beberapa waktu lalu itu merupakan bantuan SPP untuk program ajaran tahun 2020.

Bantuan itu disalurkan melalui Yayasan Sakai Mandiri Kandis di kantor besar kebun Nenggala Estate Kampung Sam-Sam, Kecamatan Kandis, dengan tujuan untuk mendukung anak-anak suku Sakai Kandis tersebut menempuh jenjang pendidikan Diploma/ Sarjana di Perguruan Tinggi Swasta/ Negeri di Provinsi Riau.

“Dukungan pendidikan bagi anak-anak Suku Sakai telah kami jalankan sejak 2017. Walaupun masih memiliki keterbatasan aspek sarana dan prasarana, kami sangat mengapresiasi semangat besar mereka untuk menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Dengan mendapatkan kesempatan yang sama seperti mayoritas penduduk pendatang, kami berharap anak-anak Suku Sakai Kandis, penduduk asli Riau, juga dapat meraih mimpi mereka,” ungkap Franciscus Costan, CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau.

Suku Sakai merupakan salah satu suku asli Riau yang dulu dipercaya memiliki pola hidup berpindah-pindah atau nomaden. Kehidupan suku tersebut dikenal dekat dan bergantung pada hutan serta sungai.

Suku Sakai umumnya bermukim di Kandis, Balai Pungut, Kota Kapur, Minas, Duri, Sungai Siak, dan Sungai Apit. Kegiatan pengembangan yang mendukung kemajuan hidup masyarakat Sakai tentu menjadi perhatian khusus bagi Sinar Mas Agribusiness and Food yang diupayakan dalam beberapa program CSR perusahaan.

Tak hanya pemberiaan SPP bagi anak-anak Suku Sakai Kandis di sekolah swasta mulai dari tingkat Sekolah Dasar, SMA, hingga jenjang pendidikan Diploma/ Sarjana, perusahaan juga memberikan bantuan dalam bidang pendidikan berupa pemberian seragam sekolah, tas, buku, alat tulis, serta sepatu.

Dalam prosesi penyerahan SPP, Ketua Yayasan Sakai Mandiri, Husai, juga turut mengungkapkan rasa bahagia dan syukur.

”Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Sinar Mas Agribusiness and Food kepada Yayasan Sakai Mandiri Kandis dalam menerima bantuan yang sangat bermanfaat ini untuk kebaikan masa depan anak-anak, cucu kami, generasi muda Suku Sakai Kandis," kata Husai.

Sinar Mas Agribusiness and Food percaya bahwa pendidikan sangat penting bagi generasi muda, terutama yang tinggal di pedesaan, agar mereka dapat meraih mimpi serta memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Pada 2019 Perusahaan memberikan dukungan bagi lebih dari 280 sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas.

Ratusan sekolah ini mempekerjakan lebih dari 2.160 guru yang mendidik lebih dari 40.800 siswa-siswi. Tak hanya itu, perusahaan juga menyediakan transportasi bus antar jemput sekolah gratis.

Sinar Mas juga membangun 36 Rumah Pintar untuk pelatihan masyarakat setempat, serta mendonasikan buku atau materi pembelajaran bagi lebih dari 14.300 penerima manfaatnya. Hingga 2019, Sinar Mas Agribusiness telah menyediakan dana anggaran senilai 2,4 juta US dollar untuk program beasiswa.

Share

Ads