loader

Kampung Dongeng Sumsel Tingkatkan Minat Baca, Hidupkan Budaya Bertutur atau Mendongeng

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Upaya meningkatkan literasi atau minat baca perlu dilakukan sejak usia dini. Seperti yang dilakukan Kampung Dongeng yang terus bergerak menghidupkan kembali budaya bercerita bertutur atau mendongeng. 

Kehadiran Komunitas Kampung Dongeng telah melahirkan para pendongeng cilik. Salah satunya Kalilah Utiyal Hikmah, siswi kelas 3 SDN 169 Palembang yang baru saja menjuarai lomba mendongeng yang dilaksanakan Icraft. 

Hikmah berhasil mendapatkan Juara II dengan tema "Gambut" bersama dengan para anggota komunitas Kampung Dongeng Sumsel lainnya yang mendapat Juara I dan III. 

Hikmah gemar mendongeng sejak kelas 2 SD yang kemudian bergabung dengan komunitas Kampung Dongeng Sumsel. Berbagai kegiatan mendongeng aktif diikuti baik tampil di stasiun radio dan TV, juga mengikuti berbagai lomba. 

Kak Ninuk, Ketua Kampung Dongeng Sumsel bercerita, sejak tahun 2013 Kampung Dongeng Sumsel berdiri dan membuka kelas pendongeng cilik. Itu terus berjalan hingga kini memasuki angkatan ke-3 dan berjumlah lebih dari 25 anak. 

Share

Ads