loader

Guru di Perairan PALI Terima Insentif Khusus, Nilainya Mencapai Rp2 Juta per Orang

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Guru baik honor maupun berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengajar di SMP Satap Talang Betung, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI, Sumsel mendapatkan insentif khusus. Tunjangan khusus itu diberikan karena dedikasi para guru di wilayah sulit dijangkau itu.

Insentif khusus tersebut sudah diberikan  Bupati PALI, Heri Amalindo sejak Juli 2022 yang lalu melalui kebijakannya dengan Surat Keputusan Bupati PALI.

Kepala SMP Satap Talang Betung, M. Saidi menerangkan bahwa insentif khusus dari Bupati PALI, sudah diterima seluruh tenaga pendidik yang mengajar di SMP Satap, Talang Betung, dua tahun terakhir.

"Bantuan dari Pemkab PALI sudah kami rasakan salah satunya insentif, guru honor msebesar Rp1,5 juta sementara untuk  ASN sebesar Rp2 juta," ucap, Senin (7/8/2023).

Selain itu, dikatakan Saidi bahwa sarana dan prasarana sekolah SMP Satap Talang Betung sudah cukup bagus, dengan bangunan yang kokoh dan beberapa ruang kelas yang sudah dibangun oleh Pemkab PALI.

"Sarana dan prasarana sekolah tidak ada masalah. Untuk tingkat SD, jumlah anak didik mencapai 22 anak, sementara tingkat SMP berjumlah 18 orang. Dari total itu semua, 70% anak didik berasal dari Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Muara Enim," ujarnya.

Hanya saja, diakui oleh Saidi saat ini akses transportasi yang memang menjadi kendala, perahu getek yang ada sudah sangat memperihatinkan.

"Namun ada juga pihak yang turut membantu, seperti membantu BBM dan lainnya untuk membantu akses transportasi tadi. Tapi bantuan tersebut tidak tetap, hanya beberapa waktu saja, sekarang sudah tidak lagi," jelasnya.

Plt. Kadisdik PALI, Raden Abdurrohman mengatakan pihaknya sudah menganggarkan untuk bantuan mesin perahu getek di tahun 2023.

"Selain itu, nantinya Disdik PALI akan berkoordinasi dengan BPBD dan Dishub PALI serta Dinas PU TR untuk akses transportasi yang dibutuhkan saat ini. Seperti baju pelampung dan lainnya," ungkap Rohman.

Share

Ads