loader

Kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, Dosen Prodi DIII Keperawatan Lahat Lakukan Penelitian

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Selesai memberikan edukasi kesehatan terhadap masyarakat, Dosen Poltekkes Kemenkes Palembang Prodi D III Keperawatan Lahat, kembali melaksanakan kegiatan Tri darma Perguruan Tinggi, dengan mengadakan penelitaian. Penelitian kali ini, dilakukan di Puskesmas Pagar Agung, Kabupaten Lahat, mengambil masalah tentang pentingnya Bantuan Hidup dasar (BHD) bagi tenaga kesehatan di Puskesmas. 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup Dasar Menurut AHA 2020, terhadap Tingkat pengetahuan dan ketrampilan tenaga Kesehatan di Puskesmas Pagar Agung Lahat tahun 2023. Adapun metode Penelitian yang digunakan adalah quassy experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design, dengan jumlah sample sebanyak 25 orang tenaga kesehatan. 

"Berdasarkan hasil output statistis Paired Sample T-Test Berpasangan antaran hasil pretest dan posttest adalah, hal tersebut menunjukan bahwa ada peningkatan pengetahuan Petugas Kesehatan di Puskesmas Pagar Agung Lahat. Sehingga dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang bantuan hidup dasar menurt AHA 2020," kata Dosen Poltekkes Kemenkes Palembang Prodi D III Keperawatan Lahat, Kamesyworo, S.ST, MM didampingi Eka Haryanti, SP.d, M.Kes, Kamis (21/12/2023) sekaligus dosen yang melakukan penelitian.

Sedangkan, lanjut Kamesyworo, untuk keterampilan sebelum intervensi di dapat data pegawai Kesehatan yang trampil sebesar 8 persen, sedangkan setelah di berikan intervensi terjadi peningkatan yang cukup signifikan sebesar 80 persen untuk yang terampil. Berdasarkan uji Paired Sample T-test Berpasangan, dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang bantuan hidup dasar menurut AHA 2020 terhadap ketrampilan petugas kesehatan di Puskesmas Pagar Agung Lahat tahun 2023. 

"Tenaga kesehatan yang merupakan ujung tombak untuk peningkatan derajat kesehatan harus lebih meningkatkan pengetahuan untuk menunjang perilaku dalam melakukan pelayanan kesehatan khususnya tindakan Bantuan hidup dasar atau basic life support," katanya.

Share

Ads