loader

Angkat Eksistensi Pendidikan Rauhah di Palembang, Musthafa Haidar Raih Gelar Doktor di UIN Raden Fatah

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Musthafa Haidar resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Pendidikan Islam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang setelah dinyatakan lulus dalam sidang terbuka promosi doktor Pendidikan Islam di gedung Pasca Sarjana UIN Raden Fatah Palembang Selasa (25/6/24). 

Dalam Disertasinya Musthafa Haidar mengambil judul "Eksistensi dan Dampak Pendidikan Rauhah pada Masyarakat 'Alawiyyin' di Kota Palembang". 

Dihadapan tim penguji yang berjumlah 8 orang, terdiri dari 7 orang Profesor dan 1 doktor, Haidar menjabarkan hasil penelitiannya yang mengangkat pendidikan Rauhah di Kota Palembang. 

Dari hasil penelitiannya yang menggunakan metode sosiologi Haidar menemukan eksistensi serta dampak pendidikan Rauhah yang ada di Kota Palembang. Dampak yang didapat hasil terutama di bidang sosial, agama, pendidikan dan ekonomi. 

Menurut Musthafa Haidar proses pendidikan yang ditempuhnya hingga meraih gelar Doktor berlangsung selama lima tahun, karena ada kendala saat pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia. 

"Selama lima tahun melakukan penelitian turun lapangan mencari data mengenai pendidikan Rauhah di kota Palembang alhamdulillah hari ini membuahkan hasil dengan meraih gelar Doktor,"kata Musthafa Haidar kepada Detik Sumsel.com usai dinyatakan lulus. 

Diakui Haidar, meski pertanyaan penguji diluar prediksinya ia bisa dijawabnya dengan baik sehingga para penguji mengakui hasil penelitian Disertasi yang dibuat Haidar dilakukan dengan baik. 

"Kedepannya saya akan terus mengkampanyekan pendidikan Rauhah, karena pendidikan seperti ini sangat penting dan yang pastinya saya akan menjadi akademisi karena akademi ini pasti yang akan saya nomor satukan,"ungkapnya. 

Sementara itu, Penasehat Senior Menteri LHK dan chairman Institut Hijau Indonesia (IHI) Chalid Muhammad yang turut hadir dalam sidang promosi doktor Musthafa Haidar mengaku capaian yang diraih Musthafa Haidar sangat luar biasa dengan lulus dengan cumlaude riset yang dilakukan oleh Haidar ini sangat bermanfaat khususnya untuk perkembangan Islam di Sumsel. 

"Musthafa Haidar ini salah satu peserta pendidikan green leadership dan saya sebagai kepala sekolahnya semoga ilmunya bertambah dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,"tutupnya. 

Share

Ads