loader

Jajak Pendapat, Ini Potret Permasalahan dan Tokoh yang Layak Maju di Pilkada Banyuasin

Foto

Kemudian Emi Sumitra 18 suara (9%), Sukardi 16 suara (8%) dan tokoh lainnya 24 suara (12%). Tokoh-tokoh ini dimunculkan di jajak pendapat setelah dilakukan penjaringan melalui pemberitaan media.

Wakil Ketua DPRD Banyuasin Noor Ishmatuddin (Gerindra), Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan (Golkar), Agus Saputra Holidu (Ketua AMB) dan Nadia Basyir (Anggota DPRD Sumsel atau Golkar) merupakan 4 tokoh baru terbanyak yang mendapatkan atensi dari responden jajak pendapat yang dinilai layak maju di Pilkada Banyuasin 2024 akan datang. Jika dilihat dari sebaran suara jajak pendapat, tokoh-tokoh baru ini telah memiliki basis masing-masing.

Menurut Fatkurohman, S Sos yang juga Dewan Pakar Rumah Citra Indonesia (RCI), hasil jajak pendapat ini tentunya tidak seakurat hasil survei pada umumnya. 

"Selain respoden terbatas, karakteristik responden dan pertanyaan quesioner juga tidak serinci dan mendalam metodelogi survei. Kemudian dalam jajak pendapat ini waktu yang dibutuhkan cukup lama sekitar 6 bulan dari Juli - Desember 2021 untuk mengimpun data tersebut," terang Sekjen IKA FISIP Unsri ini melalui pernyataan diterina globalplanet, Jumat (7/1/2022).

Sebagai penggiat media sosial dan pemerhati politik dikatakannya, pihaknya tergugah untuk melihat pendapat masyarakat Banyuasin tentang demokrasi mendatang melalui jajak pendapat. 

"Dengan pendekatan seperti halnya survei terutama terkait sebaran responden diharapkan bisa menambah pengetahuan dan atensi bagi masyarakat dan stekholder terkait," ujar Bung FK sapaan akrabnya pria kelahiran Muara Sugihan ini.

Share

Ads