loader

Gunakan Hak Suara Sebaik- baiknya dalam Pemilu Serentak 2024

Foto
Ilustrasi kertas suara. (Foto: Istimewa)

PERSIAPKAN - secara matang dan gunakan hak suara sebaik baiknya dalam pemilu. Pemilihan umum yang disingkat pemilu merupakan hajatan politik untuk pergantian pemimpin. Dilansir dari situs resmi Komisi Pemilihan Umum, dalam sebuah negara demokrasi, pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi kehendak masyarakat. 

Pemilu sekaligus merupakan proses demokrasi untuk memilih pemimpin. Sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pengertian pemilihan umum diuraikan secara detail. 

Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Dengan kata lain, pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk menjalankan kedaulatan dan merupakan lembaga demokrasi.

Secara teoritis pemilihan umum dianggap merupakan tahap paling awal dari berbagai rangkaian kehidupan tata negara yang demokratis, sehingga pemilu merupakan motor penggerak mekanisme sistem politik Indonesia. Sampai sekarang pemilu masih dianggap sebagai suatu peristiwa kenegaraan yang penting. Hal ini karena pemilu melibatkan seluruh rakyat secara langsung. Melalui pemilu, rakyat juga bisa menyampaikan keinginan dalam politik atau sistem kenegaraan. 

Menuju puncak pemilu pada tahun 2024 mendatang banyak generasi baru terutama untuk generasi Z yang sudah bisa menggunakan suaranya. Oleh Sebab itu, mari kita menjadi pemilih yang berkualitas dalam memilih pemimpin. Buatlah Pemilu di 2024 menjadi suatu hal yang berkesan untuk pertama kalinya dan mari sambut dengan sebaik-baiknya. 

Share

Ads