loader

Ini Dia 9 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia

Foto
Ilustrasi, Sumber: pixabay.com

3. Makan makanan sehat 
Tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup. Mengkonsumsi makanan sehat dan menyediakan kebutuhan seluruh organ tubuh dapat membuatnya bekerja secara optimal. Badan terasa lebih fit. Anda pun siap menyelesaikan semua pekerjaan. Jika tubuh sehat, jiwa pun menjadi tenang.

Saat mengkonsumsi makanan jangan berlebihan. Berhentilah sesaat sebelum kenyang. Dengan demikian organ tubuh tidak perlu terpaksa bekerja keras untuk memproses makanan yang masuk ke lambung. Semua akan berjalan dengan wajar, tidak berlebihan. 

4. Cukup istirahat
Tubuh membutuhkan istirahat untuk bersiap kembali beraktivitas. Istirahat dengan cukup sangat penting bagi kesehatan fisik, otak dan psikis. Penuhi kebutuhan waktu tidur yang ideal sesuai usia.

Bukan hanya lama, kualitas tidur juga sangat berpengaruh. Matikan HP, lampu dan beristirahatlah di kamar yang tenang. Dengan demikian otak dan pikiran tidak terpaksa harus siaga karena mendengar suara yang mengganggu.

Mandi, berganti pakaian dan mengenakan wewangian dapat meningkatkan kualitas istirahat. Dalam kondisi bersih, tubuh lebih mudah rileks, aroma wangi juga menjadikan lebih tenang. 

5. Meninggalkan pertemanan toksik
Apa yang sering mengganggu pikiran? Ya, teman yang toksik. Seseorang yang sering memberikan komentar negatif, mengajak ke kegiatan kurang produktif. Menyusahkan dan merepotkan akan sangat mengganggu ketenangan. 

Salah satu cara buat diri happy adalah tinggalkan teman toksik. Anda tidak pernah akan rugi menjauh dari teman toksik karena space tersebut justru tersedia bagi sahabat baru yang dapat membawa ke hal-hal positif. 

6. Berbagi
Menyisihkan sebagian rezeki kemudian membagikan kepada yang membutuhkan sangat baik. Bukan hanya karena ini salah satu perintah agama dan akan mendatangkan pahala, berbagi bisa membuat Anda lebih bersyukur. 

Dengan demikian membuat jiwa menjadi tenang. Anda akan merasa lebih beruntung dibanding dengan orang yang membutuhkan pertolongan. Sementara Anda saat ini berada pada posisi yang bisa menolong. Berbagi merupakan salah satu cara hidup tenang menurut Islam.

7. Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan mendatangkan rasa sakit dan kecewa. Jangan pernah melakukan hal ini. Diri Anda istimewa sehingga tidak dapat dibandingkan dengan orang lain. 3 cara bahagia adalah bersyukur, mudah memaafkan dan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Jika menurut Anda, seorang teman terlihat hidupnya sangat sempurna, percayalah! Itu hanya karena belum sempat melihat kekurangannya.  Anda tidak tahu apa skenario yang telah Tuhan siapkan untuk teman tersebut. Bisa jadi ada kekecewaan yang dengan pandainya dia tutupi.

8. Mudah memaafkan
Memaafkan kesalahan orang lain memang tidak selalu mudah. Apalagi untuk hal yang sangat privasi. Namun sikap ini akan membuat hati menjadi lega. Cara menghilangkan rasa sakit hati dan beban dalam pikiran adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain.

Sikap ini sebenarnya merupakan proses untuk melepaskan energi negatif. Space yang ada, dapat diisi oleh energi positif sehingga Anda bisa hidup dengan tenang dan bahagia

9. Mempunyai proteksi
Salah satu hal yang membuat hidup tidak tenang adalah rasa khawatir yang berlebih. Bagaimana jika terjadi musibah sakit, kecelakaan kerusakan atau kehilangan kendaraan. Dari mana uang untuk berobat yang pasti tidak sedikit?

Segala sesuatu memang bisa terjadi dan Anda tidak bisa menghindari. Salah satu cara untuk mengantisipasi adalah dengan menyiapkan proteksi dengan membeli asuransi. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka beban biayanya tidak harus ditanggung sendiri, melainkan oleh asuransi.

Salah satu asuransi yang recommended adalah Sompo Insurance. Dengan premi terjangkau, Anda akan mendapat proteksi optimal. Untuk bisa memiliki polis asuransi tersebut juga cukup mudah. Anda bisa membelinya lewat marketplace, salah satunya di Blibli.

Cukup buka aplikasi Blibli, klik beli dan bayar preminya, Anda akan mendapat perlindungan sesuai ketentuan. Agar lebih yakin, silahkan baca ketentuannya terlebih dulu dan tanyakan kepada petugas sebelum melakukan pembayaran. Dengan menjalankan tips hidup tenang, Anda tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal lagi.

Share

Ads