loader

Punya Teman Sering Kentut? Selain Kurang Ajar, Berikut Penyebabnya

JAKARTA, GLOBALPLANET - Kira-kira apa penyebab perut kembung yang membuat seseorang jadi lebih sering kentut, ya?

Perut Kembung yang Membuat Sering Kentut

Saat sehat, rata-rata kita buang angin sekitar 14 – 23 kali setiap hari. Nah, jika kita kentut lebih sering, mungkin ini jadi tanda bahwa pencernaan kita sedang terganggu.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perut kembung dan membuat kita jadi lebih sering kentut. Sering kentut bisa disebabkan karena kita menelan terlalu banyak udara, mengonsumsi makanan atau minuman yang menghasilkan gas di perut, atau kecemasan. Ibu yang sedang melahirkan, orang tua berusia lanjut juga bisa lebih sering kentut, teman-teman.

Hal yang sering tidak disadari juga bisa menyebabkan perut kembung. Misalnya ketika kita menelan udara, kita akan sering sendawa namun udara sisa di perut akan dikeluarkan sebagai kentut.

Kita pun bisa menelan udara dengan aktivitas seperti mengunyah permen karet, mengisap permen, minum soda, serta makan dan minum terlalu cepat. Selain itu, lebih sering kentut dari biasanya juga bisa menjadi gejala atau tanda kondisi kesehatan tertentu.

Kondisi Kesehatan Menyebabkan Sering Kentut

Jika kita sering kembung dan melakukan pemeriksaan ke dokter, dokter mungkin akan meminta kita menghitung berapa banyak kita kentut dalam satu hari.

Apabila teman-teman kentut lebih dari 23 kali sehari, ini lebih dari normal namun kemungkinan bukanlah hal yang mengkhawatirkan.

Beberapa di antaranya adalah sindrom iritasi usus, penyakit asam lambung, intoleransi laktosa, intoleransi fruktosa, penyakit perut seperti keracunan, pertumbuhan berlebih bakteri di usus kecil, penyumbatan saluran pencernaan, diare, atau sembelit.

Bau Kentut Dipengaruhi Makanan yang Dikonsumsi

Bau kentut yang kita keluarkan itu tergantung pada makanan apa yang kita makan. Ini karena gas itu merupakan gas yang dibuat di usus kecil dan usus besar selama proses pencernaan.

Ada banyak pendapat yang sepakat bahwa jenis makanan protein hewani seperti telur atau daging menyebabkan gas yang lebih bau di pencernaan, sementara serat larut seperti buah atau sayur juga bisa menyebabkan gas tapi tidak sebau sumber protein hewani.

Lalu, bagaimana cara mengurangi risiko perut kembung ini, ya?

Lakukan Ini Supaya Tidak Mudah Kembung dan Sering Kentut

Meski seringkali tidak membahayakan, ada baiknya kita memperkecil risiko perut kembung ini. Untuk mengurangi risiko perut kembung dan jadi sering kentut, ada beberapa hal yang bisa teman-teman coba, nih.

Hal yang bisa dihindari adalah minum menggunakan sedotan, minum minuman bersoda, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, dan berbaring sesaat setelah makan.

Hindari juga makan terlalu banyak dalam satu waktu dan menghindari makanan yang membuat perut kembung karena gas. Perhatikan juga jika kamu memiliki alergi atau intoleransi makanan dan minuman tertentu.

Kemudian hal yang bisa dilakukan adalah minum air putih yang cukup, mengonsumsi makanan berserat tidak larut, makan dengan perlahan dan penuh perhatian, serta rutin berolahraga. (bobogrid.id)

Share

Ads