loader

Prabumulih Zona Merah Corona

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Berdasarkan catatan globalplanet untuk Prabumulih, lima kasus positif Covid-19. Satu diantaranya meninggal dunia, dan empat lainnya transmisi lokal setelah ditemukan kasus pertama. 

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Yusri menjelaskan, salah satu pasien di Palembang merupakan warga domisili di Jakarta yang kebetulan tengah mengunjungi keluarganya di Palembang.

"Salah satu pasien positif luar wilayah dari Jakarta, alamatnya di Jakarta. Kebetulan lagi ke tempat keluarganya, sakit, dan dirawat di Palembang. Sementara 3 asal Prabumulih tertular dari pasien ES (meninggal) asal Prabumulih," ungkap Yusri, ketika dikonfirmasi, Kamis (2/4/2020).

Dengan adanya transmisi (penularan) secara lokal maka Prabumulih ditetapkan sebagai Zona merah. "Suatu wilayah yang sudah ada kasus transmisi lokal maka ditetapkan sebagai Zona merah," tandasnya.

Menurutnya, pasca adanya anggota keluarga yang ditetapkan positif Covid-19, maka anggota keluarga lain yang ada kontak erat didorong untuk mengisolasi di rumah masing-masing atau secara mandiri.

"Langkah kedepan sesuai dengan prosedur yang ada. Yang kontak erat dilakukan isolasi mandiri, lalu bagi yang ada gejala kita dorong untuk isolasi ke rumah sakit," ujar Yusri.

Kemudian lanjut Yusri, terhadap orang yang kontak ini akan diambil sampel, untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Sehingga jika hasil positif, yang bersangkutan kita rawat di rumah sakit. 

"Terus dilakukan pemeriksaan dan pemantauan, sampai dengan dua kali hasil negatif baru bisa pulang dan selesai," kata dia.

Share

Ads