loader

Libatkan OPD Terkait Demi Suksesnya Germas di PALI

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Dalam kegiatan yang dibuka oleh Bupati PALI, H. Heri Amalindo melalui Staf Ahli Bupati Bidang Sosial Masyarakat, Drs. Kusmayadi itu menghadirkan dua orang narasumber, di antaranya H. Imam Subroto, yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dan Plt. Kepala Bappeda Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni, SP MM. 

Dijelaskan M. Mudakir, SKm MKes bahwa dalam rangka penguatan lima tujuan Germas di Kabupaten PALI, perlu diadakan sosialisasi dan pembentukan forum komunikasi Germas. 

Ditambahkan Mudakir lima hal yang harus dilakukan agar terciptanya masyarakat hidup sehat. 

"Diantaranya, peningkatan aktivitas fisik, peningkatan edukasi dan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan deteksi dini, dan pencegahan penyakit dan peningkatan kualitas lingkungan," ucap Mudakir. 

Kendati demikian, Ia mengakui bahwa dalam menuju Germas, di kabupaten PALI, sudah sering melakukan berbagai macam kegiatan yang selaras dengan Germas.

"Kegiatan-kegiatan Germas arahnya sudah dilaksanakan, seperti pencegahan penyakit menular, pencegahan penyakit tidak menular, PHBS semuanya sudah dilaksanakan. Ke depannya kita akan membuat tolak ukur dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan tersebut," jelas Kadinkes. 

Kelanjutan dari sosialisasi ini, ditambahkannya akan membentuk forum komunikasi Germas.

"Bersama OPD-OPD terkait, yang program kegiatannya bisa mendukung dengan Germas. Maka akan dibentuklah forum Komunikasi Germas," tutupnya. 

Sementara itu, Staf Ahli Bupati PALI, Drs. Kusmayadi berharap ada aktualisasi pasca digelarnya kegiatan sosialisasi dan pembentukan Forum Komunikasi Germas di Kabupaten PALI 

"Menjadi lebih baik, semakin sehat populasi yang ada, maka angka hidup semakin tinggi. Serta melalui Dinkes PALI, untuk gencar memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait Germas. Apalagi saat ini sedang memasuki musim penghujan. Dimana, rawan penyakit berbahaya seperti Demam Berdarah (DB), Muntaber, dan lainnya," kata Kusmayadi. 

"Oleh karena itu, kami mengajak ayo lakukan pola hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga sejumlah kepala OPD di ruang lingkup Pemkab PALI, perwakilan TP PKK Kabupaten PALI, Camat se-kabupaten PALI, dan perwakilan dari Kan Kemenag Kabupaten PALI.

Share

Ads Ads Ads Ads