loader

Wapres Sebut Sawit Berkelanjutan Adalah Keharusan 

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Munas XI GAPKI 2023 resmi dibuka Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Jumat (3/3/2023). Dalam sambutannya, Wapres mengatakan sawit adalah anugerah yang patut disyukuri dan menjadi salah satu tumpuan perekonomian nasional. Karena itu, perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan bukan sebuah pilihan, melainkan keharusan.

Wapres mengatakan, pemerintah terus meningkatkan tata kelola kelapa sawit, antara lain melalui Rencana Aksi Nasional Perkebunan Sawit Berkelanjutan 2019-2024. "Seluruh pemangku kepentingan diharapkan memberikan peranan terbaiknya, tidak terkeculia GAPKI sebagai pelaku usaha," kata Wapres. 

Adapun sasaran yang hendak dicapai dalam rencana aksi yakni peningkatan kapasitas dan kapabilitas pekebun, penyelesaian status dan legalitas lahan, pemanfaatkan kelapa sawit sebagai energi baru terbarukan, dan penguatan diplomasi untuk mencapai perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan. 

Diketahui, GAPKI menggelar Munas untuk memilih pengurus baru periode 2023-2028. Sejumlah nama bakal calon muncul untuk memimpin asosiasi pengusaha kelapa sawit ini. 

 

 

Share

Ads