loader

Itera Kenalkan CEPOV Itera-1, Mobil Pikap Berbahan Bakar Minyak Sawit Murni

Foto
Institut Teknologi Sumatera (Itera) meluncurkan Combustion Engine Palm Oil Vehicle atau CEPOV Itera-1, mobil berbahan bakar minyak sawit murni. (Foto: Humas Itera)

LAMPUNG, GLOBALPLANET - Institut Teknologi Sumatera (Itera) meluncurkan Combustion Engine Palm Oil Vehicle atau CEPOV Itera-1. Ini adalah mobil dengan bak terbuka untuk angkutan hasil pertanian dan perkebunan berbahan bakar minyak sawit murni.

Mobil ini diyakini salah satu jawaban kebutuhan transportasi desa yang ramah lingkungan. Mobil ini dibuat tim dosen dan mahasiswa prodi teknik mesin dengan memanfaatkan minyak nabati.

Rektor Itera Mitra Djamal mengatakan, CEPOV Itera-1 yang dirakit sejak November 2021 tersebut dirancang sesuai kebutuhan aktivitas masyarakat desa. 

Dia menjelaskan, mobil bak terbuka (pick-up) dengan motor diesel berkapasitas 7.5 hp yang telah dimodifikasi ini, mampu beroperasi dengan kecepatan antara 20-50 km/jam.

"Dengan kelapa sawit yang dihasilkan sebagian bisa untuk bahan bakarnya. Ini akan terus disempurnakan bekerjasama dengan pemerintah atau industri," kata Rektor Itera Mitra Djamal dalam keterangan di laman resmi Itera, Sabtu (26/3/2022).

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler