loader

Jalan Kabupaten yang Berlobang dan Berdebu Menjadi Mulus

Foto

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Salah satu jalan poros yang tengah dikerjakan adalah Jalan Lingkar Pangkalan Balai menuju Pengumbuk Desa Tebing Abang, Kecamatan Rantau Bayur.

Proyek peningkatan jalan poros tersebut dibangun Pemkab Banyuasin melalui program infrastruktur bagus yang menjadi visi misi Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Banyuasin Ardi Arfani mengatakan, peningkatan jalan poros ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 dan dikerjakan oleh PT Hastomulyo Adiprima.

"Perbaikan jalan ini bersifat pemeliharaan jalan khusus kabupaten yang dibiayai DAK fisik reguler dengan panjang 5 kilometer. Dan ini memang menjadi program infrastruktur bagus Banyuasin Bangkit," terangnya.

Bukan hanya tahun ini, terang Ardi, pembangunan jalan lingkar menuju Pengumbuk terus dilakukan dalam kurun waktu tahun anggaran 2018, 2019 dan tahun 2020 ini. "Dengan dikerjakan jalan poros maka kondisi jalannya semakin baik dan mempermudah transportasi masyarakat," katanya.

Ssuai arahan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin bahwa pembangunan jalan yang menjadi skala prioritas adalah jalan penghubung antar kecamatan, karena akses utama perekonomian masyarakat. "Target kita semua jalan penghubung bisa dilintasi dengan baik, maka untuk saat ini kita prioritaskan perbaikan jalan antar kecamatan karena menjadi jalan utama perekonomian masyarakat," jelasnya pria Kelahiran Desa Lubuk Lancang, Kecamatan Suak Tapeh ini.

Dilanjutkan Ardi, kondisi jalan di Kabupaten Banyuasin hampir 80 persen rusak baik ringan, sedang maupun berat. Maka proses pembangunanya skala prioritas dan pebangunannyapun melihat kondisi topografi wilayah, apakah dibangun cor, pengerasan atau di aspal hotmix.

"Kita sudah membuat klaster jalan, sehingga mempermuda kita dalam proses pembangunannya. Dan alhamdulillah dalam kurun waktu 1 tahun terakhir ini jalan penghubung sudah banyak yang dikerjakan oleh Pemkab Banyuasin, "tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Ardi mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat jalan-jalan yang sudah di bangun Pemkab Banyuasin. Karena pada dasarnya tugas menjaga dan memelihara jalan adalah tugas masyarakat juga dengan cara tidak membawa angkutan melebihi tonase jalan. " Saya mengajak masyarakat untuk tertib tonase, agar jalan-jalan yang kita bangun tidak cepat rusak, " pungkas dia.

Share

Ads