loader

Menko Airlangga dan Mendag Malaysia Bahas Sawit dan Karet di Sela KTT Asean 

Foto

LABUAN BAJO, GLOBALPLANET - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan pertemuan bilateral membahas sawit dan karet dengan Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Aziz di sela-sela KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (10/5/2023). 

Penguatan kerja sama bilateral penting dilakukan dua negara sebagai produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Kerjasama yang kuat akan terus dilakukan Indonesia guna mendorong ekspor dan mendukung perekonomian nasional. Kerjasama Indonesia-Malaysia diharapkan juga untuk mengantisipasi perlakuan tidak adil terhadap komoditas sawit di luar negeri.

Pertemuan antara Indonesia-Malaysia ini terus dilakukan secara reguler. Sebelumnya, Airlangga sudah bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perkebunan dan Komoditas Malaysia, YAB Dato’ Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof pada Februari 2023. Keduanya membahas kerja sama untuk mengatasi diskriminasi produk kelapa sawit di Uni Eropa.

Menko Airlangga Hartarto dalam pertemuan pertama itu membahas kemungkinan dan strategi perluasan keanggotaan Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) dalam waktu dekat. Hasilnya, kedua menteri sepakat untuk saling mendukung dalam kebijakan dan negosiasi yang menyangkut ekspor komoditas kelapa sawit dan turunannya, serta meningkatkan kerja sama dalam kerangka CPOPC.

Dalam pertemuan tersebut Menko Airlangga didampingi oleh Menteri Perdagangan, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, dan Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag. 

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler