loader

Kasus Covid-19 Melonjak di Martapura, KNPI Tidak Kaget

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun kasus baru tersebar di Kotabaru, Tanjung Kemala dan Sukomulyo. Mereka kontak erat dengan kasus 54 yang merupakan kluster baru dan bekerja di salah satu kantor dinas di Pemkab OKU Timur. Salah satunya bekerja sebagai staf di salah satu bagian Setda Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

"Enam orang positif covid-19 itu sekarang menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Tracking kontak dan edukasi sudah dilakukan terhadap warga yang kontak dengan terkonfirmasi positif," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Yakub, Jumat (9/10/2020).

Dia menambahkan di Kecamatan Martapura mungkin saja akan terjadi lonjakan kasus covid-19 yang cukup tajam, mengingat penanganan terkait dampak ekonomi, sosial terhadap warga yang kontak dan terkonfirmasi positif masih saling lempar tanggung jawab antar pihak yang terkait.

Jumlah total positif covid-19 di Kabupaten OKU Timur hingga Jumat 9 Oktober 2020, sebanyak 62 orang. Sebanyak 45 orang sembuh dan 5 orang meninggal dunia. Lonjakan yang cukup signifikan kasus covid-19 terjadi dalam satu minggu terakhir.

Ketua KNPI OKU Timur Fenus Antonisu melalui Sekretaris KNPI Syupriadi mengatakan, lonjakan kasus covid-19 di wilayah Martapura tidak mengejutkan karena melihat warga yang banyak mengabaikan protokol kesehatan.

"Selain itu, pengawasan terhadap orang yang kontak dengan terkonfimasi positif covid-19 setelah dilakukan penelusuran kontak sangat lemah. Kita tidak tahu siapa yang kontak, apakah melakukan karantina secara mandiri, selama ini penanganan pengawasan tidak terbuka dan cenderung abai oleh pihak terkait," katanya.

Share

Ads