loader

DPPKB OKU Timur Selenggarakan Kegiatan Pelayanan KB MOW dan MOP Gratis

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Berbagai cara dilakukan  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), OKU Timur untuk meningkatkan pelayanan Keluarga Berencana (KB). Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Pelayanan KB Gratis MOW dan MOP (Metode Operasi Wanita dan Metode Operasi Pria)  di RSUD Martapura.

Kegiatan ini berlangsug di RSUD Martapura pada Kamis (03/08/2023).

Kepala DPPKB OKU Timur H, Zaenal Abidin,
S.SiT,  MM, melaluiKabid KB Yusmaniar, SKM, mengatakan pada kegiatan ini, sebanyak 27 akseptor KB MOW, yang sudah dilayani. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Melalui kegiatan pelayanan gratis ini diharapkan program pencapaian target akseptor KB MOW di OKU Timur bisa tercapai. Kegiatan ini  dilayani tenaga medis RSUD Martapura, yang terdiri dari dokter SpOG dokter spesialis bedah, dokter  anestesi medis dan para medis.

Sedangkan untuk layanan KB yang lain dilakukan di Puskesmas. Untuk steril harus ada kamar operasi dan tenaga ahli,katanya.

Dia menjelaskan sambutan masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan DPPKB,  cukup baik terutama untuk wanita yang tidak bisa menggunakan alat kontrasepsi hormonal maupun menderita penyakit yang berisiko. Untuk perempuan dengan usia 35 tahun keatas dan anak lebih dari tiga  orang  sudah sebaiknya memakai kb MKJP MOW (sterilisasi).

"Kita bangga kepada masyarakat yang kesadaran untuk ber KB cukup tinggi dan kita berterimakasih  kepada RSUD Martapura yang sudah bersedia kerja sama dengan kita demi menyukseskan kegiatan yang kita lakukan,"ungkapnya.

 

 

 

Share

Ads