loader

Launching Program Pengembangan Desa Sehat Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan 30 Ilir Palembang

Foto

KEGIATAN - Launching Program Pengembangan Desa Sehat Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Tema “Gerakan Sayang Ibu (GSI) dengan Pendekatan Kearifan Budaya Lokal” dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2023 bertempat di ruang serbaguna Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pelatihan dan pendampingan “Persiapan persalinan dan Holistic Breastfeeding” oleh Dr, Hanung Prasetya,S.Kp.,S.Psi.. M.Si (Psi) dan “Pelatihan pembuatan pangan lokal sebagai intervensi gizi ibu perinatal dan menyusui” oleh Dr. Gusnedi, STP, MPH.

Pada awal kegiatan Dr. Rosnani, M.Kep, Sp.Mat yang bertindak sebagai ketua pelaksana menyapaikan dalam laporannya bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) di kota Palembang mengalami peningkatan pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019. 

Penyebab kematian ibu adalah komplikasi yang terjadi selama masa perinatal. Penyebab terbanyak AKI di kota Palembang adalah hipertensi dalam kehamilan dan perdarahan. Hal ini disebabkan masih sedikit ibu yang memperoleh bantuan sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagian besar ibu tidak dapat mengenali risiko yang terjadi selama periode reproduksi mereka. Salah satu faktor yang menyebabkan pemanfaatan pelayanan kesehatan ibu menjadi rendah adalah praktik budaya. Untuk menyikapi kondisi kesehatan ibu diperlukan upaya gerakan yang dilakukan oleh masyarakat bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui kegiatan Gerakan Sayang Ibu (GSI).

Kegiatan GSI meliputi meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya interaktif dan sinergis yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak. GSI yang dilakukan dengan pendekatan budaya lokal diharapkan intervensi untuk kesehatan ibu dengan memaksimalkan sumber daya yang ada di masyarakat.

Sumber daya tersebut meliputi budaya perawatan, bahan pangan lokal untuk gizi ibu, rempah-rempah yang tumbuh di wilayah palembang, yang biasa digunakan untuk kesehatan ibu perinatal dan menyusui.

GSI ini merupakan Program Pengembangan Desa Sehat (PPDS) dengan mengacu kepada PUIPK Poltekkes Kemenkes Palembang yaitu kesehatan tradisional komplementer. Kegiatan utama PPDS ini mengaplikasikan hasil peneltian inovasi Ipteks perawatan ibu dengan menggunakan PBM NIR. Kemudian dilengkapi dengan perawatan kesehatan ibu secara holistik diantaranya hypnoterapi pada ibu yang mengalami morning sickness, hypnobirthting dan hypnoterapi bagi ibu yang menyusui.

Pelaksanaan GSI ini diharapkan berkelanjutan, sehingga dibentuklah Women Normal using Adaptation Near Infrared in House (Women-NANI House) yaitu tempat ibu perinatal dan menyusui mendapatkan pelayanan perawatan menggunakan infrared, pendampingan dan sharing pengalaman.

Tujuan umum kegiatan ini memberdayakan masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan ibu periode perinatal (antenatal, intranatal, postnatal) dan menyusui melalui pendekatan kearifan budaya lokal. Luaran PPDS ini yaitu terwujudnya kemandirian masyarakat untuk mengatasi permaslahan kesehatan yang ada di lingkungannya; berdirinya organisasi Gerakan sayang Ibu; dan terbentuknya Women-Nani House.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan pemerintahan kota Palembang yaitu pimpinan Dinas Kesehatan Kota Palembang, Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin, Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Dinas Pariwisata Kota Palembang, Camat Ilir Barat II, Korwil BKKBN Ilir Barat II, Kepala Puskesmas Makrayu, Lurah 30 Ilir, Kepala Pustu, RW, RT, dan Kader di Lingkungan kelurahan 30 Ilir Kota Palembang.

Kegiatan ini menjadi sarana bagi dosen sebagai tenaga pendidik untuk memaksimalkan upaya kerjasama lintas sektor dari dinas kesehatan, dinas kebudayaan dan pemerintah daerah dalam mengatasi masalah kesehatan ibu periode perinatal dan menyusui untuk mencegah kematian ibu dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai upaya menghimpun, memanfaatkan dan melestarikan budaya dan sumber daya lokal untuk mengurangi kesakitan dan mencegah kematian ibu.

Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur I bidang akademik ibu Diah Navianti, S.Pd, M.Kes mengutarakan bahwa Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI sebagai pembina teknis Politeknik Kesehatan Kemenkes se-Indonesia bertanggung jawab dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Politeknik kesehatan Kemenkes. 

Salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya, Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Kemenkes RI berupaya untuk mendorong peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat di Poltekkes Kemenkes melalui Program Pengembangan Desa Sehat (PPDS) sebagai kategori Pengabdian kepada Masyarakat Unggulan Nasional.

Dalam sambutannya juga beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi institusi Pendidikan semata, namun juga memiliki manfaat luas untuk Masyarakat, Pemerintah, dan industry. Oleh karena itu beliau mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan kota Palembang, khususnya Jajaran Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang, Kelurahan 30 Ilir, dan pihak lain yang terlibat. 

Dengan dukungan yang diberikan dari semua pihak kegiatan pengabdian kepada Masyarakat Program PPDS Tema “Gerakan Sayang Ibu dengan Pendekatan Kearifan Budaya Lokal” dapat berlangsung dengan baik. Kedepannya kami berharap kegiatan pengabdian kepada Masyarakat Program PPDS Tema “Gerakan Sayang Ibu dengan Pendekatan Kearifan Budaya Lokal” berkelanjutan dan dapat direplikasi di beberapa wilayah lainnya di Kota Palembang bahkan di Propinsi Sumatera Selatan.

Syafran,SH selaku Lurah 30 Ilir dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa melalui kegiatan Gerakan Sayang Ibu (GSI) dengan Pendekatan Kearifan Budaya Lokal” di Kelurahan 30 Ilir Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang diperoleh banyak manfaat khususnya untuk Kesehatan dan kesejahteraan Wanita usia reproduksi di wilayah yang ia pimpin. 

Beliau juga mengucapkan selamat atas keberhasilannya dalam melaksanakan kegiatan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat Program PPDS Tema “Gerakan Sayang Ibu dengan Pendekatan Kearifan Budaya Lokal” yang diketuai oleh Dr. Rosnani, M.Kep, Sp.Mat, Devi Mediarti, S.Pd, S.Kep, Ns, M.Kes, Dr. Ocktariyana, SST, M.Kes, dan Dewi Marlina, SF, Apt, M.Kes. Dr. Gusnedi, STP, MPH dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang yaitu, dan Dr. Hanung Prasetya, A.Md.Akp, S.Kp., S.Psi., M.Si(Psi) dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta. Serta para mahasiswa dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, dan Farmasi Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang.

 

 

Dr. Rosnani, M.Kep, Sp.Mat

Devi Mediarti, S.Pd, S.Kep, Ns, M.Kes

Dr. Ocktariyana, SST, M.Kes

Dewi Marlina, SF, Apt, M.Kes.

Dr. Gusnedi, STP, MPH.

Dr, Hanung Prasetya,A.Md.Akp,S.Kp.,S.Psi.,M.Si (Psi).

 

 

Share

Ads