loader

Ketua DPRD OKU Timur Ingatkan Dinkes Lakukan Tindakan Cepat Pencegahan DBD

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Ketua DPRD OKU Timur, H, Beni Defitson, SIP,.MH mengatakan di musim hujan ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akan selalu terjadi. Dinas Kesehatan (Dinkes) harus segera mengambil tindakan cepat untuk pencegahan dan pengendalian.

Lakukan langkah-langkah tepat dan kongkrit untuk penanggulangan DBD, baik itu fogging secara teratur dan rutin maupun pencegahan lainnya. "Jangan sampai nanti sudah banyak korban baru akan bertindak," ujar pria kelahiran Desa Pandan Agung Kecamatan Madang Suku II, Kamis (8/2/2024).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya setiap musim hujan wabah penyakit DBD akan meningkat. Karena itu pencegahan sejak dini harus segera dilakukan Dinkes. 

"Sebagai wakil rakyat kita mengingatkan Dinkes untuk segera melakukan tindakan cepat dalam pencegahan penyebaran wabah DBD," ungkapnya.

Beni juga mengajak masyarakat aktif menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Saluran air dan tempat-tempat bersarangnya nyamuk penyebar DBD agar dibersihkan.

"Mari kita sama-sama mencegah penyebaran DBD salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan kita," katanya.

Sebelumnya Kadinkes OKU Timur Yakub, SKM, MM menyampaikan data kasus DBD per Januari 2024 ada 31 kasus. Untuk itu dia mengimbau masyarakat terapkan PSN 3M plus.

"Untuk penanganan penyakit DBD di OKU Timur sudah ada beberapa tindakan yang telah dilakukan, di antaranya surveilans juga penaburan serbuk Abate atau larvasidasi," katanya.

Selain itu juga sudah dilakukan untuk pencegahan beberapa penyuluhan serta Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus dan Fogging. Fogging ini dapat dilakukan jika hasil laboratorium dan diagnosa dokter positif DBD.

Dia juga selalu mengimbau masyarakat sebagai pencegahan DBD yang dimulai dari diri sendiri. Tentunya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Share

Ads