loader

Dinkes OKU Timur Selenggarakan Peluncuran PIN Polio

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes)  menyelenggarakan peluncuran pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio  2024 di Posyandu Kamboja, Tebat Sari, Kecamatan Martapura, pada Selasa (23/07/2024)

Program tersebut dilaunching  oleh Ketua TP PKK OKU Timur dr,. Sheila Noberta, SpA, M.Kes didampingi Camat Martapura Herlius, S.Sos, MM,  dan Kepala Dinas Kesehatan Yakub, SKM, MM, yang diwakili Kabid P2P,  Umaidah Qosim, S.Si. Apt. M.Kes.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur, Yakub, SKM, MM,  melalui Kepala Bidang P2P Umaidah Qosim, S.Si. Apt, M.Kes,  menjelaskan penyakit polio merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan lumpuh seumur hidup. Penyakit Polio tidak bisa diobati, namun bisa dicegah dengan imunisasi.

"Untuk itu diperlukan upaya penanggulangan melalui pelaksanaan PIN Polio dalam rangka penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) sebagaimana keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/1031/2024 tentang pelaksanaan PIN Polio dalam rangka penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio,"imbuhnya.

Dia  juga menyebutkan   pelaksanaan PIN Polio berlangsung pada dua  putaran / dua dosis dimana putaran pertama dari 23 sampai 29 Juli 2024, dan dilanjutkan lima hari sweeping. Sementara Putaran kedua dimulai dengan interval minimal dua minggu dan maksimal empat minggu dari putaran pertama.

Untuk Sasaran di OKU Timur berdasarkan Pusdatin sebanyak 87.167 dengan target cakupan Minimal 95 persen. Dilaksanakan di seluruh wilayah Puskesmas meliputi Posyandu, Sekolah SD dan TK/Paud, dan Pos Pelayanan lainnya sebanyak 1.596 pos pelayanan.

Ketua Tim Penggerak PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes menghimbau sekaligus mengajak seluruh orang tua yang memiliki anak mulai usia 0 sampai tujuh tahun 11 bulan 29 hari tanpa memandang status imunisasi sebelumnya untuk dapat mengikuti imunisasi polio.

"Jangan ragu dan tidak perlu takut, karena imunisasi polio ini tidak melalui suntikan, melainkan melalui tetes di mulut anak. Kemudian jangan khawatir akan dampak pasca imunisasi, jangan mudah percaya hoax, meskipun anak mengalami demam itu hanya proses tubuh dalam memperkuat imun, dalam 2-3 hari panas pasti turun,"jelasnya.

Mari sukseskan  PIN Polio. Segera bawa anak anda untuk mendapatkan dua kali pemberian tetes polio di pos pelayanan imunisasi terdekat secara gratis. "Mari kita bersama sama mempersiapkan anak kita menjadi generasi emas yang sehat, cerdas, dan terhindar dari segala macam bentuk penyakit,"ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan Peluncuran PIN Polio di OKU Timur yabg ditandai dengan pemberian perdana tetesan imunisasi polio oleh Ketua TP PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes. dilanjutkan dengan peninjauan di ruang Imunisasi Posyandu Kamboja

Share

Ads