loader

Bandar Narkoba Ditembak di Kebun Karet, Satu Kg Sabu Disita

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Abdurahman ditangkap beserta barang bukti 1 Kg narkotika jenis sabu-sabu dan sejumlah barang bukti lainnya. Pelaku ditembak lantaran mencoba melarikan diri saat ditangkap di area perkebunan karet di Desa Pandang Dulang.

"Ini penangkapan pertama terbesar Polres Muba untuk kasus narkotika jenis sabu-sabu," ujar Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem didampingi Kabag Ops Kompol Erlangga dan Kasat Narkoba AKP Dedi Haryanyo, saat menggelar pers rilis di Halaman Mapolres Muba, Selasa (10/3/2020).

Penangkapan berawal adanya informasi terkait masuknya narkotika jenis sabu-sabu dari Palembang ke Sekayu. Dari informasi itu, dilakukan penyelidikan mendalam.

Awalnya pihaknya menargetkan H (DPO) untuk ditangkap. Namun saat penggerebekan di kebun karet, selain H terdapat pula tersangka Abdurahman. Penangkapan pun dilakukan oleh petugas.

"Saat ditangkap di TKP ada dua orang yakni H dan tersangka Abdurahman. Keduanya berusaha melarikan diri dan dikejar anggota. Dimana tembakan peringatan dan tindakan tegas terukur diambil," jelas Pinem.

Dalam pengejaran itu, keduanya tertembak oleh petugas. Namun H berhasil merikan diri masuk ke dalam hutan dengan kondisi gelap. Sedangkan Abdurahman tertangkap lantaran tidak dapat melarikan diri usai tertembak.

"Dari penangkapan itu, berhasil diamankan 1 Kg sabu sabu di dalam bungkus warna hijau merk teh dari China. Kita himbau H (DPO) untuk menyerahkan diri jika tidak tindakan tegas dan terulir kita berikan," tegas dia.

Atas perbuatan itu, tersangka Abdurahman dijerat Pasal 114 Ayat (2) dan Pasal 112 Ayat (2) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dimana ancaman maksimalnya adalah hukuman mati. "Pengungkapan ini mampu menyelamatkan 4.000 anak bangsa. Kita mengimbau masyarakat untuk memberikan informasi jika di daerahnya terdapat peredaran narkotika," terang Pinem.

Sementara itu, tersangka Abdurahman, mengaku bahwa dirinya ditelepon H yang juga merupakan warga Pandang Dulang. Dalam komusikasi itu, lanjut dia, H meminta dirinya untuk mengambil barang berupa narkotika jenis sabu-sabu di Palembang.

"Aku minggu malam ke Palembang mengantar minyak, saat hendak pulang aku ditelepon H. Dia bertanya sudah pulang atau belum. Aku jawab belum, lalu dia bilang tunggu sebentar sekitar 30 menit ada orang yang mau antar titipan," beber tersangka.

Selanjutnya, sambung Abdurahman, saat berkomunikasi H menjelaskan barang tersebut berupa sabu-sabu dengan berat 2 Kg. Lalu, dirinya menunggu di Simpang Gasing dan tidak lama berselang orang yang dimaksud mengantarkan barang titipan H datang. 

"Aku bawak pakai mobil, sampai di dusun barang itu aku kasihkan semuanya ke H. Saat dihubungi H untuk membawa barang itu, aku bakal diberi sepeda motor," beber dia.

Saat digerebek pihak kepolisian, sambung dia, dirinya dan H berada berada di kebun karet dan keduanya berusaha melarikan diri. "Sepeda motornya belum dikasih. Aku sama H melarikan diri saat hendak ditangkap, tapi dia lolos, aku tertangkap," tandas dia.

Share

Ads